Juli 14, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

18 tewas dan lebih dari selusin hilang dalam kebakaran depot bahan bakar Indonesia

18 tewas dan lebih dari selusin hilang dalam kebakaran depot bahan bakar Indonesia

JAKARTA, Indonesia — Petugas penyelamat dan pemadam kebakaran Indonesia pada Sabtu mencari lebih dari selusin orang yang hilang di bawah puing-puing rumah dan bangunan yang hangus setelah kebakaran besar melanda depot penyimpanan bahan bakar di ibu kota, menewaskan sedikitnya 18 orang.

Stasiun penyimpanan bahan bakar Plumpang, yang dioperasikan oleh perusahaan minyak dan gas milik negara Pertamina, terletak di dekat daerah padat penduduk di lingkungan Tanah Merah di Jakarta Utara. Ini memasok 25% dari kebutuhan bahan bakar Indonesia.

Sedikitnya 260 petugas pemadam kebakaran dan 52 truk pemadam kebakaran memerangi kobaran api tak lama sebelum tengah malam Jumat setelah kobaran api melewati lingkungan selama lebih dari dua jam, kata petugas pemadam kebakaran.

Rekaman menunjukkan ratusan orang berlarian panik saat asap hitam dan api jingga memenuhi langit.

Berdasarkan penyelidikan awal, kebakaran tersebut disebabkan oleh pipa yang pecah saat hujan deras, yang kemungkinan dipicu oleh sambaran petir, kata Eko Kristiawan, Manajer Area Pertamina untuk Jawa Barat.

Warga di dekat depo mencium bau bensin, ada yang muntah, lalu terdengar dua kali guruh dan kemudian terjadi ledakan besar sekitar pukul 20.00.

Api mulai menyebar setelah sekitar 20 menit, menyebabkan kepanikan, kata Sri Hariyati, ibu tiga anak.

“Saya terus menangis dan segera mengambil dokumen berharga kami dan lari bersama suami dan anak-anak saya,” kata Hariati, yang mendengar ledakan kecil bergema di lingkungan sekitar saat api jingga melompat dari depo.

Tim penyelamat sedang mencari 16 orang yang hilang atau terpisah dari keluarga mereka di tengah kekacauan itu. Sekitar 42 orang dirawat di lima rumah sakit, beberapa di antaranya dalam kondisi kritis.

READ  Fuller melakukan peregangan tiga pukulan di Indonesia, 7 orang India berhasil melakukan cut

Lebih dari 1.300 orang mengungsi dan berlindung di 10 kantor pemerintah, markas Palang Merah dan stadion olahraga, kata Kapolri Listio Sigit Prabowo.

Dia mengatakan penyidik ​​masih bekerja untuk menetapkan penyebab kebakaran dan mewawancarai puluhan saksi.

Ketua Pertamina Nikki Vidyawati meminta maaf dan mengatakan perusahaan akan membantu masyarakat dan bekerja sama dalam penyelidikan.

“Kami akan melakukan penilaian dan tanggapan menyeluruh secara internal untuk mencegah terulangnya insiden seperti itu,” kata Vidyavathy dalam sebuah pernyataan, seraya menambahkan bahwa perusahaan telah memastikan pasokan bahan bakar minyak yang aman.

Pada hari Sabtu, kerabat yang berduka berkumpul di kamar mayat rumah sakit polisi di Jakarta Timur untuk mencoba mengidentifikasi orang yang mereka cintai. Para korban, yang terbakar tanpa bisa dikenali, hanya dapat diidentifikasi melalui DNA dan catatan gigi, kata para pejabat.

Pada tahun 2014, kebakaran di depo bahan bakar serupa melalap setidaknya 40 rumah, namun tidak ada korban jiwa.

Menteri Perindustrian, Erik Tohir, mengatakan kepada wartawan bahwa pemerintah akan mengalihkan zona aman dari barang-barang penting ke kawasan pemukiman.

Dia mengatakan, kejadian itu menunjukkan kawasan Plumbang tidak aman bagi masyarakat dan pemerintah berencana memindahkan depo penyimpanan BBM ke Pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta Utara.

Lebih banyak bacaan dari TIME


Hubungi kami di [email protected].