Juni 22, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

18 orang tewas akibat tanah longsor di Pulau Sulawesi » Kantor Berita Irak

18 orang tewas akibat tanah longsor di Pulau Sulawesi » Kantor Berita Irak

INA- Sumber Daya

Tim SAR Indonesia telah menemukan 18 orang tewas dan sedang mencari dua orang lagi yang dilaporkan hilang pada hari Senin akibat tanah longsor di Sulawesi Selatan pada akhir pekan.
Bencana yang melanda dua desa di wilayah Thana Toraja ini dipicu oleh hujan lebat.

Apa yang kita ketahui sejauh ini

Kapolres Kunardi Mundu mengatakan hujan yang terjadi pada Sabtu malam mengeluarkan lumpur dari pegunungan sekitar dan merendam empat rumah di desa Mahel.
Mundu mengatakan, saat longsor terjadi, keluarganya sedang berkumpul di salah satu rumah.
Tentara, polisi dan relawan terlibat dalam operasi pencarian di Makale dan Makale Selatan dan berhasil mengeluarkan dua orang, termasuk seorang gadis berusia 8 tahun.
“Kami masih mencari dua korban, namun kabut dan gerimis membuat pencarian sulit dan petugas di lapangan kewalahan,” kata Sulaiman Malia, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Thana Toraja.
Akibat rusaknya jalan tersebut, tim yang datang dengan kendaraan termasuk ambulans kesulitan mengevakuasi korban.
Gambar-gambar dari desa-desa yang terkena dampak menunjukkan pekerja penyelamat menggali reruntuhan untuk menemukan korban selamat yang rumahnya rata dengan lumpur.

Seberapa umumkah tanah longsor di Indonesia?

Banjir dan tanah longsor sering terjadi di Indonesia, dimana banyak orang tinggal di dataran banjir atau di daerah pegunungan yang rentan.
Bulan lalu, banjir dan tanah longsor di Pulau Sumatera, Indonesia, menewaskan sedikitnya 26 orang, menghancurkan ratusan rumah, dan membuat ribuan orang mengungsi.

Banjir di ibu kota Indonesia, Jakarta, pada bulan Februari memaksa relokasi beberapa TPS dalam pemilihan presiden nasional.
Sekitar 300 kilometer (186 mil) dari ibu kota provinsi Makassar terletak wilayah pegunungan Tana Toraja di Sulawesi Tengah.
Ini juga merupakan rumah bagi beberapa tempat wisata populer, termasuk patung kayu jenazah yang dikuburkan di gua yang disebut derek.

READ  Litex Protocol, DEX pertama di Indonesia, didukung oleh Wakil Menteri Perdagangan sebagai pengembang meta finance blockchain, yang harus terdaftar di LBank

Sumber: DW