Januari 28, 2023

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

15 Lagu Penting David Crosby

Pada tahun 1971, Crosby merilis album solo terobosannya, Jika Saya Hanya Bisa Mengingat Nama Saya, didukung oleh anggota Grateful Dead dan Jefferson Airplane serta Joni Mitchell, yang bergabung untuk harmoni cadangan di lagu ini. Crosby bernyanyi tentang pencarian spiritual yang gagal—menemukan “pantulan bayangan yang baru saja kulihat”—dan pedal gitar baja Jerry Garcia melayang di atasnya saat dia menemukan penerimaan.

Dalam miniatur yang rumit ini, paduan suara harmoni vokal yang aneh menyandang nama-nama tempat di Prancis; Kemudian meteran gitar mengambil alih, memetakan melodi sekali saja sebelum membiarkannya jatuh.

Ada lebih dari sedikit kekaguman seumur hidup Crosby untuk Mitchell dalam “Holding on Nothing”, dengan petikan senar yang tenang di luar pusat dan melodi yang tidak rata. Dari lagu “Croz” yang merupakan comebacknya hingga memproduksi album solo setelah 20 tahun, ia merenung tentang “tidak berpegang pada apa pun” tepat waktu, kerinduan, depresi dan ketekunan, merasa seperti “orang luar yang lewat”.

Dalam sebuah lagu dari “Lighthouse”, album yang membuka kolaborasi Crosby selama bertahun-tahun dengan Michael League dari Snarky Puppy, Crosby menatap ruang luas antara bintang dan keajaiban, “Mengapa kita harus sendirian selamanya?” Namun lambat laun, selapis demi selapis, gaya gitar dan lagu tumpang tindih dan terjalin, menandakan bahwa kita tidak.

Bahkan di tahun-tahun terakhirnya, Crosby bereksperimen dengan pendekatan baru. “Curved Air”—ditulis bersama putranya, James Raymond—bersifat perkusif dan berirama cepat dan tidak dapat diprediksi, dengan tepukan tangan seperti flamenco dan back bassline yang berbicara. Liriknya menginginkan “sedikit daya tarik di sini / sedikit tanah yang kokoh”, tetapi saat melodi berputar, Crosby sangat percaya diri.

READ  Kristin McPhee Death: 10 Koleksi Teratas 'Rumours' Fleetwood Mac Kembali Di Tangga Lagu?

Ditulis dengan anggota Lighthouse Band, “Balanced on a Pin” merenungkan kerapuhan dan kematian: “Pendaratan adalah bagian tersulit / Sambungan terputus,” Crosby menyanyikan. Untuk sebagian besar lagu, satu-satunya pengiringnya adalah petikan gitar solo, suaranya menggantung di atas kesunyian yang tak terhindarkan.