Juni 19, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Widodo memuji peningkatan kemitraan Indonesia-Jepang

Widodo memuji peningkatan kemitraan Indonesia-Jepang

JAKARTA (Antara) – Dalam pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida, Kamis, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memuji dan menyatakan kebahagiaannya atas tercapainya kesepakatan untuk meningkatkan kemitraan Indonesia dan Jepang menjadi kemitraan strategis yang komprehensif.

Pertemuan mereka berlangsung pada KTT ASEAN ke-43 yang diadakan di Jakarta Convention Center (JCC) di sini.

Indonesia menjadi tuan rumah KTT pada tanggal 5 hingga 7 September 2023 sebagai bagian dari kepemimpinannya di ASEAN, yang mana selama ini Indonesia berperan aktif dalam mendorong dan memajukan kepentingan ASEAN, terutama dalam mengatasi tantangan global dan mewakili pertemuan tersebut untuk memperkuat hubungan. dengan mitra.

“Yang Mulia Perdana Menteri Kishida, senang bisa bertemu lagi. Saya senang Indonesia dan Jepang sepakat untuk meningkatkan status kemitraan kita menjadi kemitraan strategis komprehensif,” kata Widodo.

Presiden menegaskan, Indonesia dan Jepang harus memberikan arah prioritas kerja sama kedua negara agar dapat menciptakan manfaat nyata bagi masyarakat dan berkontribusi terhadap stabilitas dan perdamaian di kawasan.

Sementara itu, Perdana Menteri Kishida mengaku senang bisa bertemu kembali dengan Presiden Widodo setelah pertemuan terakhir mereka di sela-sela KTT G7 di Hiroshima pada bulan Mei.

Pokor berterima kasih kepada Widodo atas sambutan hangat yang diberikan kepada Kaisar Jepang Naruhito dan Permaisuri Masako di Istana Kepresidenan selama kunjungan mereka ke Indonesia pada bulan Juni.

“Saya menyampaikan penghormatan kepada Yang Mulia Presiden (Joko Widodo) atas peran pentingnya sebagai Ketua ASEAN, dan berharap kita dapat berkoordinasi lebih lanjut untuk menjaga dan memperkuat tatanan internasional yang bebas dan terbuka berdasarkan supremasi hukum,” Kishida dikatakan.

Dalam konteks ini, Perdana Menteri Kishida mengatakan kemitraan strategis kedua negara harus diperkuat kembali.

READ  Antler Mengumumkan Pendanaan $2M untuk Startup di Singapura dan Indonesia

“Saya sangat senang mengumumkan pernyataan bersama tentang pembentukan kemitraan strategis komprehensif antara kedua negara,” tambahnya.

Berita terkait: Indonesia meminta Jepang untuk transparan mengenai pelepasan air Fukushima
BERITA TERKAIT: Jepang akan menghapus bea masuk atas ekspor tuna kalengan: Menteri

Diterjemahkan oleh: Ranga J, Kensu
Penulis: Rahmat Nasushan
Hak Cipta © ANTARA 2023