April 13, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Warga Gaza marah atas foto-foto yang menunjukkan kerusakan pada masjid abad pertengahan

Warga Gaza marah atas foto-foto yang menunjukkan kerusakan pada masjid abad pertengahan

KAIRO (Reuters) – Penduduk Gaza pada Jumat menyatakan kesedihan dan kemarahan setelah Gerakan Perlawanan Islam (Hamas) mengatakan Israel mengebom Masjid Omari abad pertengahan di Jalur Gaza, menyebabkan kerusakan luas pada bangunan bersejarah tersebut.

Gambar-gambar yang diterbitkan oleh media yang dikelola Hamas, yang keasliannya tidak dapat diverifikasi secara independen oleh Reuters, namun jurnalis Reuters dari Gaza mengidentifikasinya sebagai masjid tersebut, menunjukkan dinding dan langit-langit yang runtuh serta retakan besar di bagian bawah menara batu. Masjid ini terletak di kota tua Kota Gaza.

Ahmed Nimr (45 tahun), seorang penjahit yang tinggal di jalan sebelah Masjid Al-Omari, mengatakan bahwa dia terdiam setelah melihat gambar bangunan yang rusak dari selatan Gaza, tempat dia melarikan diri mencari perlindungan dari pemboman.

“Saya biasa berdoa di sana dan bermain-main di sana sepanjang masa kecil saya,” katanya, seraya menuduh Israel “berusaha menghapus ingatan kami.”

Belum ada komentar langsung dari tentara Israel atas pertanyaan Reuters mengenai kerusakan masjid.

Muhammad Rajab, seorang sopir taksi dari Kota Gaza yang juga melarikan diri ke selatan rumahnya beberapa ratus meter dari masjid, menyebut masjid tersebut sebagai landmark lokal terpenting di kota tersebut. “Ini biadab,” katanya.

Masjid Omari, yang namanya diambil dari nama Khalifah kedua Omar, adalah masjid tertua dan terbesar di wilayah kecil Palestina yang telah dibombardir Israel sejak serangan Hamas pada 7 Oktober, yang menurut Israel menewaskan 1.200 orang.

Serangan Israel tersebut menewaskan lebih dari 17.000 warga Palestina, menurut otoritas kesehatan di wilayah yang dikelola Hamas, dan menghancurkan seluruh lingkungan di kota tersebut, termasuk sebagian besar infrastruktur sipil.

Laporan oleh Nidal Al-Maghribi. Ditulis oleh Angus McDowall; Diedit oleh Angus MacSwan dan Francis Kerry.

READ  Argentina menghentikan pesawat kargo Venezuela yang terkait dengan Iran

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.

Memperoleh hak lisensimembuka tab baru