Desember 3, 2022

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Sebuah kapal perang AS tiba di Stockholm untuk melakukan latihan militer dan memperingatkan

Sebuah kapal perang AS tiba di Stockholm untuk melakukan latihan militer dan memperingatkan

Di kapal USS Kearsarge, di pelabuhan Stockholm – jika pernah ada simbol kuat tentang seberapa besar invasi Rusia ke Ukraina mempengaruhi Eropa, itu adalah pemandangan kapal perang besar ini, yang diisi dengan 26 pesawat tempur dan 2.400 marinir dan pelaut, Berlabuh antara kapal pesiar dan kapal wisata yang melintasi pelabuhan ini, Anda pasti akan.

“Tidak seorang pun di Stockholm dapat melewatkan kehadiran kapal besar Amerika di sini di kota kami,” kata Mikael Biden, Panglima Tertinggi Angkatan Bersenjata Swedia, berdiri di geladak kapal serbu amfibi di bawah bayang-bayang MV-22 Osprey. di bawah. Langit cerah di hari Sabtu. “Ada lebih banyak kemampuan di kapal ini daripada yang bisa aku kumpulkan di garnisun.”

Di negara netral permanen yang tiba-tiba menjadi sangat tidak memihak ini, USS Kearsarge, yang muncul hanya dua minggu setelah Swedia dan Finlandia mengumumkan niat mereka untuk mencari keanggotaan NATO, adalah janji dari apa yang akan diberikan keanggotaan: perlindungan jika Presiden Rusia Vladimir V Putin mengarahkannya murka terhadap tetangganya di utara.

Tetapi kapal itu juga berfungsi sebagai peringatan kepada Swedia dan Finlandia tentang kewajiban potensial mereka jika terjadi konflik, Jenderal Mark Milley, komandan militer AS, menjelaskan selama kunjungan hari Sabtu.

“Rusia memiliki Armada Baltik mereka,” Jenderal Milley, ketua Kepala Staf Gabungan, mengatakan, tetapi NATO akan memiliki sejumlah besar negara anggota yang diapit di sekitar Baltik begitu Swedia dan Finlandia bergabung. Pada dasarnya, Laut Baltik akan menjadi danau NATO, kecuali Saint Petersburg dan Kaliningrad.

“Dari perspektif Rusia, itu akan menjadi masalah besar bagi mereka, secara militer,” kata Jenderal Milley.

Perdana Menteri Swedia Magdalena Andersson, muncul pada konferensi pers di atas kapal bersama Jenderal Milley, berusaha untuk menekankan sifat defensif NATO.

READ  Rusia menginvasi Ukraina, menyerang Mariupol dari Laut Azov

Tetapi para ahli militer mengatakan ada harapan yang jelas bahwa masuknya Swedia dan Finlandia ke dalam aliansi berarti bahwa mereka akan berkontribusi pada pencekikan angkatan laut yang mungkin dilakukan NATO di Laut Baltik jika terjadi perang dengan Rusia, sebuah tugas yang berpotensi panjang. negara-negara nonblok secara historis.

Kedua negara menginginkan jaminan keamanan, terutama dari Amerika Serikat dan sekutu NATO lainnya, selama masa transisi ini sementara negosiasi dengan Turki mengganggu keanggotaan formal mereka dalam aliansi militer. Menteri Pertahanan Swedia Peter Hultqvist mengatakan kepada wartawan di Washington dua minggu lalu bahwa Pentagon telah menjanjikan beberapa tindakan keamanan sementara: kapal perang Angkatan Laut AS berlayar di Laut Baltik, pembom udara yang terbang di atas Skandinavia, pelatihan pasukan militer bersama, dan spesialis AS membantu menggagalkan kemungkinan serangan Rusia. serangan dunia maya.

Tetapi sementara Presiden Biden telah berjanji bahwa Amerika Serikat akan membantu membela Swedia dan Finlandia sebelum mereka bergabung dengan koalisi, para pejabat AS telah menolak untuk merinci bentuk bantuan yang akan diberikan, di luar apa yang digambarkan Jenderal Milley pada hari Sabtu sebagai “peningkatan sederhana” dalam militer. latihan.

Pejabat Nordik telah mengakui bahwa penolakan negara NATO mana pun untuk mengirim pasukan sebenarnya ke Ukraina mengungkapkan perbedaan antara janji bantuan militer kepada negara-negara sahabat sebagai imbalannya berdasarkan perjanjian yang diratifikasi oleh Senat yang mengatakan serangan terhadap satu orang adalah serangan terhadap semua – Pasal 5 yang terkenal.

Namun, Kearsarge berada di Laut Baltik untuk berpartisipasi dalam latihan yang bertujuan untuk mengajar pasukan NATO, Swedia, dan Finlandia bagaimana melakukan serangan amfibi – penyerbuan tanah yang direbut, misalnya, Rusia. Ini adalah jenis perang yang sangat kompleks—bayangkan pendaratan D-Day selama Perang Dunia II—yang membutuhkan koordinasi antara unit udara, darat, dan angkatan laut dalam apa yang disebut perencana militer sebagai misi “senjata gabungan”.

READ  Keluarga tentara Rusia memohon kepada Putin atas perang 'penjahatnya'

Jika latihan berjalan sesuai rencana, ribuan marinir, pelaut, penerbang, dan pasukan lain dari 16 negara berbeda akan berpijak di kepulauan Stockholm.

Ini adalah jenis operasi militer yang belum dapat dilakukan Rusia di Ukraina, dan ketidakmampuan untuk melakukannya, kata para ahli militer, adalah sebagian besar alasan mengapa Rusia belum dapat merebut kota pelabuhan Ukraina selatan. Odessa. .

Pejabat Pentagon mencatat bahwa ketika ribuan marinir Rusia mendarat di Ukraina selatan di pantai Laut Azov pada 25 Februari untuk menargetkan Mariupol, mereka melakukannya sejauh 43 mil di timur kota, menghindari serangan amfibi yang diperebutkan.

Selain menghancurkan gagasan bahwa militer Rusia adalah mesin yang efektif, permintaan Swedia dan Finlandia untuk bergabung dengan NATO mungkin merupakan konsekuensi terbesar yang tidak disengaja dari keputusan Putin untuk menyerang Ukraina. Sebaliknya, Putin sekarang menghadapi prospek aliansi militer NATO yang terbentuk tidak hanya di depan pintunya tetapi juga di sekitar rumahnya.

Aksesi 2004 Latvia dan Estonia ke NATO memperluas perbatasannya di Laut Baltik dengan Rusia hingga jarak lebih dari 300 mil; Bergabungnya Finlandia dengan aliansi akan menambah 830 mil lagi, menempatkan Saint Petersburg secara kasar dalam jangkauan artileri.

Sementara itu, Swedia berbagi perbatasan laut dengan Rusia, serta Finlandia. Dalam satu hari para pemimpin Finlandia menyatakan negara mereka harus mengajukan permohonan keanggotaan NATO, Kearsarge, dinamai sekoci Serikat Perang Saudara yang terkenal karena menenggelamkan kapal Konfederasi, sedang menuju untuk bergabung dengan angkatan laut Finlandia dan Swedia untuk pelatihan.

READ  Alamat baru pangeran Saudi adalah kunci untuk menghindari gugatan pembunuhan

Bahkan, NATO telah mengidentifikasi beberapa power show dengan Swedia dan Finlandia. “Ada banyak latihan yang tidak ada dalam jadwal pelatihan,” kata Charlie Salonius Pasternak, pakar militer di Institut Urusan Internasional Finlandia di Helsinki.

Kemitraan yang muncul adalah jalan dua arah. Bagi NATO, selain aliansi yang membungkus perbatasan barat Rusia, masuknya Swedia dan Finlandia memungkinkan perencana militer untuk membayangkan kembali semua pertahanan Eropa Utara. Di masa lalu, Aliansi harus membuat kompromi tentang di mana harus memfokuskan pasukan, markas, dan komando dan kontrol untuk memberikan keuntungan terbaik.

Semua ini tidak diragukan lagi akan menarik kemarahan Putin, yang telah lama mengeluh tentang perluasan aliansi militer ke dalam apa yang dia lihat sebagai lingkup pengaruhnya sendiri.

“Akan ada kehadiran unit militer non-Finlandia yang hampir terus-menerus di Finlandia,” kata Salonius Pasternak. “Apakah mereka kunci pertahanan Finlandia? Tidak. Tapi itu mungkin menambah perhitungan tetangga timur kita.”