September 28, 2022

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Saham melonjak setelah Rusia menarik beberapa pasukan dari perbatasan Ukraina

Saham melonjak setelah Rusia menarik beberapa pasukan dari perbatasan Ukraina

Persediaan naik dan harga minyak turun pada hari Selasa, setelah Rusia mundur dari militernya Konfrontasi atas Ukrainamengurangi kekhawatiran tentang gangguan pasokan energi global.

S&P 500 naik sekitar 1,5 persen, rebound dari penurunan lebih dari 4 persen dalam tiga hari sebelumnya. Saham di Eropa juga lebih tinggi, dengan indeks Stoxx Europe 600 naik 1,3%.

Kekhawatiran tentang potensi konflik, yang telah berkembang sejak Rusia mengumpulkan sejumlah besar pasukan di perbatasan Ukraina, lebih jelas terlihat di pasar energi. Rusia adalah salah satu produsen minyak terbesar di dunia, dan konflik apa pun dapat mengganggu pasokan minyak global, serta ekspor gas alam melalui pipa Ukraina yang mengalir ke Eropa.

Harga energi turun pada hari Selasa, setelah Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan akan menarik beberapa pasukan dari perbatasan Ukraina, tetapi menambahkan bahwa beberapa militer Latihan sedang berlangsung. Minyak mentah Brent, patokan internasional, turun lebih dari 4 persen pada Selasa menjadi sekitar $92,39 per barel. Harga melonjak di atas $96 per barel pada hari Senin, level tertinggi sejak 2014. Seiring dengan harga minyak, stok energi juga turun.

Meningkatnya ketegangan di Eropa menambah suasana tegang di Wall Street karena kenaikan harga yang cepat dan kemungkinan Federal Reserve menaikkan suku bunga. Bank sentral sedang bersiap untuk menaikkan biaya pinjaman untuk memerangi inflasi yang terus-menerus, dan melonggarkan kebijakan akomodatif yang telah menaikkan harga aset berisiko seperti saham selama hampir dua tahun terakhir. Pembacaan inflasi yang lebih tinggi dari perkiraan memicu spekulasi bahwa Fed harus menaikkan suku bunga lebih sering dari yang diperkirakan sebelumnya. Bank sentral secara luas diperkirakan akan mulai menaikkan suku bunga pada bulan Maret, pada pertemuan kebijakan Fed berikutnya.

READ  Pasukan Rusia terikat memerangi pasukan Ukraina di Mariupol: Inggris Raya

Kedua faktor tersebut tidak sepenuhnya terpisah. Kenaikan harga minyak telah menjadi kontributor utama inflasi global, dan sejumlah kekhawatiran dapat terus menyebabkan volatilitas yang signifikan di pasar keuangan di masa mendatang.

“Sentimen risiko terus didorong oleh berita dari Ukraina dan Rusia, dan itu tidak akan berubah untuk beberapa waktu,” kata Edward Moya, kepala analis pasar di Oanda. “Ketidakpastian tentang seberapa agresif Fed selama dua pertemuan kebijakan berikutnya akan membuat saham agak lemah.”

Hasil pada Treasury AS 10-tahun, patokan untuk biaya pinjaman di seluruh perekonomian, naik lima basis poin, atau 0,05 poin persentase, menjadi 2,04 persen pada hari Selasa.

Ada faktor lain yang berperan dalam reli hari Selasa juga. Marriott Internasional tersebut Labanya naik menjadi $468 juta dalam tiga bulan yang berakhir Desember, dibandingkan dengan kerugian $164 juta setahun sebelumnya. Perusahaan mengatakan bahwa varian Omicron dari virus corona menyebabkan kemunduran sementara dalam pemulihan permintaan global pada Januari, tetapi pemesanan baru rebound ke level yang terlihat sebelum varian muncul.

Berita itu mengangkat saham Marriott lebih dari 5 persen, sementara perusahaan perjalanan dan hiburan lainnya berada di antara yang berkinerja terbaik di S&P 500. Carnival Corp dan Norwegian Cruise Line naik lebih dari 5 persen, dan maskapai penerbangan juga melonjak. Saham American Airlines dan United masing-masing naik sekitar 5 persen.

Cryptocurrency, yang telah bergejolak selama beberapa bulan terakhir, diperdagangkan lebih tinggi pada hari Selasa, mengangkat saham perusahaan yang terkait dengan sektor ini. Bitcoin naik sekitar 4 persen menjadi $44.208, menurut CoinDesk. Coinbase, pertukaran mata uang kripto terbesar di Amerika Serikat, naik sekitar 5,8 persen. Teknologi Blockchain HIVE naik lebih dari 10 persen.

READ  Pembaruan Covid Live: Hong Kong melewati 1 juta kasus saat kematian meningkat