Mei 25, 2022

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Reuters melaporkan bahwa pertumbuhan ekonomi tahunan Indonesia akan tetap stabil di Q1

BANGALORE, 5 Mei (Reuters) – Pertumbuhan ekonomi tahunan Indonesia kemungkinan akan tetap stabil pada kuartal pertama karena jajak pendapat Reuters menemukan bahwa ekspor barang sebagian diimbangi oleh belanja konsumen yang lemah akibat pembatasan pergerakan yang diberlakukan untuk mengekang penyebaran korona Omigron. varian virus.

Ekonomi terbesar di Asia Tenggara berkembang sebesar 5,00% pada Januari-Maret, dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, menurut jajak pendapat dari 19 ekonom.

Radhika Rao, ekonom senior di DBS, mengatakan:

Secara triwulanan, ekonomi kaya sumber daya diproyeksikan menyusut 0,89% pada kuartal terakhir dari tiga bulan sebelumnya, setelah tumbuh sebesar 1,06% pada Oktober-Desember. Ini didasarkan pada sampel prakiraan kecil.

Data tersebut akan dirilis pada 9 Mei.

“Kami memperkirakan PDB menyusut setiap triwulan karena kendala mobilitas. Indikator seperti ritel, mobilitas dan output BMI lebih rendah pada 1Q22 dibandingkan dengan kuartal sebelumnya,” kata Imran Faiz, ekonom di Bank Dunmon.

“Selain itu, aktivitas ekonomi Indonesia secara umum pada awal tahun lebih rendah dibandingkan pada akhir tahun.”

Terlepas dari penghapusan aturan yang paling terisolasi untuk mengakhiri penutupan perbatasan selama dua tahun, Presiden Joko Widodo telah memperingatkan masyarakat Indonesia tentang masa-masa sulit di tengah gejolak ekonomi dan politik global.

Ini mengancam untuk menggagalkan pertumbuhan Indonesia, dengan ekonomi lesu di Cina, mitra dagang terbesar negara itu.

Namun demikian, kenaikan harga komoditas diperkirakan akan menguntungkan Indonesia dan mengurangi dampak penghematan kebijakan moneter global, termasuk kenaikan suku bunga Federal Reserve AS.

Bank Indonesia memangkas prospek pertumbuhan ekonomi tahun ini menjadi 4,5% -5,3%, dengan alasan perlambatan pertumbuhan global dan defisit perdagangan yang disebabkan oleh perang Ukraina-Rusia.

Pertumbuhan diproyeksikan rata-rata 5,2% tahun ini dan tahun depan, menurut perkiraan pertumbuhan baru-baru ini oleh BI dan Dana Moneter Internasional, menurut jajak pendapat terpisah Reuters. – Reuters

READ  Pemerintah Indonesia sedang mencari perbendaharaan karena biaya proyek kereta api yang dipimpin China terus meningkat