Juni 22, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Pulau Bali di Indonesia telah meningkatkan pengujian virus Nipah terhadap wisatawan untuk mencegah penyebaran

Pulau Bali di Indonesia telah meningkatkan pengujian virus Nipah terhadap wisatawan untuk mencegah penyebaran

Bali telah meningkatkan pemeriksaan terhadap semua wisatawan, terutama yang berasal dari India, untuk mencegah kemungkinan berjangkitnya virus Nipah yang mematikan di tengah lonjakan pengunjung dari negara Asia Selatan tersebut.

Pejabat kesehatan di pulau resor Indonesia mengatakan bahwa jika seorang pelancong diketahui melakukan perjalanan ke negara-negara yang terkena virus Nipah dan menunjukkan gejala termasuk suhu tinggi dan infeksi saluran pernapasan parah, mereka akan dikirim ke rumah sakit untuk evaluasi menyeluruh.

Kepala Dinas Kesehatan Bali I Nyoman Kede Anom mengatakan peningkatan tindakan tersebut menyusul kematian dua orang akibat virus yang merusak otak di negara bagian Kerala, India selatan, bulan lalu.

Sebuah jalan di Canggu, kota resor wisata di pantai barat Bali. Bali menyambut lebih dari 3 juta wisatawan asing, termasuk 288.873 wisatawan asal India, dalam delapan bulan pertama tahun ini. Foto: Panduan

Virus ini ditularkan ke manusia melalui kontak langsung dengan cairan tubuh kelelawar, babi, atau individu lain yang terinfeksi.

Penyakit ini pertama kali diidentifikasi pada tahun 1999 di Malaysia dan Singapura ketika terjadi wabah yang menyerang peternak babi dan orang lain yang melakukan kontak dekat dengan babi.

Ledakan itu menewaskan lebih dari 100 orang di kedua negara.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, gejala Nipah meliputi demam, gangguan pernapasan, sakit kepala, dan muntah. Tidak ada obat atau vaksin untuk Nipah, yang memiliki angka kematian tinggi.

01:56

Bali merilis apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan wisatawan setelah skandal yang melibatkan pengunjung nakal

Bali merilis apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan wisatawan setelah skandal yang melibatkan pengunjung nakal

Badan kesehatan PBB mengatakan pekan lalu bahwa tidak ada kasus baru yang dilaporkan di Kerala sejak 15 September. Negara bagian ini telah mengalami beberapa wabah Nipah dalam lima tahun terakhir.

Anom mengatakan tim ahli saraf, ahli bedah, dan ahli lainnya telah dibentuk untuk menangani wabah tersebut dan masa inkubasi Nipah yang lama menimbulkan kekhawatiran.

READ  Orang Terkaya Indonesia (23 Juli 2023)

“Kita harus hati-hati karena banyak turis India yang ke Bali. Menakutkan karena di bandara ada masa inkubasi tertentu yang tidak demam,” ujarnya.

Bagian belakang Bali – tapi ‘turis sampah’

Masa inkubasi virus dapat berkisar antara empat hingga 14 hari, menurut WHO.

Data dari Dinas Pariwisata Bali menunjukkan pulau ini menyambut lebih dari 3 juta wisatawan asing, termasuk 288.873 wisatawan India, dalam delapan bulan pertama tahun ini.

Anom mengatakan Nipah belum terdiagnosis di Indonesia dan menyarankan rumah sakit dan klinik komunitas untuk mengikuti protokol pengendalian infeksi standar saat menangani sampel atau kasus yang diduga, The Bali Sun melaporkan.