Oktober 2, 2022

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Program keamanan hayati sepuluh tahun diluncurkan dengan pendanaan untuk memerangi wabah di Indonesia

Komisi Keamanan Hayati Nasional, dalam konsultasi dengan negara bagian dan teritori, telah merilis strategi baru untuk mengelola ancaman penyakit hewan dan tumbuhan yang muncul.

Menteri Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan Serikat Murray Watt dirilis Proyek pertama dari jenisnya Pada hari Selasa. Strategi ini akan menginformasikan perencanaan biosekuriti untuk dekade berikutnya.

“Strategi ini memberikan arah strategis baru untuk sistem biosekuriti Australia hingga 2030 dan seterusnya,” kata Watt dalam pidato National Press Club.

“Ini menyatukan pemerintah dengan pemangku kepentingan industri saat kami berupaya melindungi industri utama Australia dengan lebih baik di masa depan.”

Rencana tersebut dirilis setelah satu tahun kolaborasi, dan Watt memuji ‘semangat kolaborasi’ yang melihatnya diselesaikan setelah perubahan federal dalam pemerintahan.

“Pengelolaan sistem biosekuriti Australia menjadi semakin kompleks, menciptakan tantangan baru bagi pemerintah, industri, dan pemangku kepentingan masyarakat dalam melindungi sektor pertanian kita.

“Keamanan hayati yang kuat dan efisien bahkan lebih penting karena kami menanggapi tantangan yang berkembang termasuk penyakit mulut dan kuku, demam babi Afrika, penyakit kulit tumor dan penyakit di depan pintu kami termasuk Xylella,” kata Watt.

Pendekatan terpadu untuk biosekuriti adalah kunci untuk melindungi kepentingan Australia dalam lingkungan risiko yang semakin kompleks, menurut presiden Federasi Petani Nasional Fiona Simpson.

“Sistem biosekuriti yang terintegrasi, sumber daya yang baik, dan inovatif sangat penting bagi keberhasilan industri pertanian kami dan mendukung tujuan kami untuk menjadi industri senilai $100 miliar pada tahun 2030,” kata Simpson.

Saul MilisiSeorang anggota kelompok referensi strategis dan kepala perbatasan dan biosekuriti di Commodity & Trade Alliance mengatakan bagaimana perdagangan internasional yang difasilitasi dan rezim biosekuriti yang kuat berjalan beriringan.

READ  Baxter meluncurkan portal sumber daya online untuk penyakit ginjal kronis di Indonesia

“Kami menantikan peran kami dalam mengimplementasikan bidang-bidang prioritas dari strategi tersebut,” katanya.

Menteri Pertanian dan Pangan WA Alannah MacTiernan menyambut baik rencana tersebut, mencatat bahwa hal itu akan berkontribusi pada pendekatan yang lebih kuat dan lebih terhubung dengan biosekuriti nasional.

“Ini memberi kami peluang besar untuk membangun fondasi kokoh yang kami miliki di Australia Barat dan mendorong pendekatan kolaboratif untuk biosekuriti di tingkat lokal, regional, nasional, dan internasional,” kata MacTiernan.

Itu Departemen Industri Primer dan Pengembangan Wilayah WA Mengarahkan masukan untuk pekerjaan Komite tentang Strategi Keamanan Hayati Nasional untuk Negara.

Enam bidang prioritas menentukan strategi, termasuk:

  • Memahami peran setiap orang dalam keselamatan hidup,
  • Memperkuat kemitraan dan jaringan,
  • Membangun kapasitas dan daya tanggap staf,
  • Pendekatan terpadu untuk kesiapsiagaan dan respons;
  • Investasi masa depan dalam prioritas biosekuriti, dan
  • Mengembangkan sistem berbasis sains untuk mendukung penelitian dan pengambilan keputusan.

“Saat kami mengelola peningkatan ancaman hama dan penyakit yang muncul, sangat penting bagi kami untuk terus memperkuat sistem biosekuriti kami untuk melindungi industri utama kami, lingkungan, dan komunitas kami,” tambah MacTiernan.

Industri pertanian, akuakultur dan perikanan WA dan sumber daya alam diperkirakan bernilai $11 miliar dan dianggap sebagai kunci untuk menumbuhkan ekonomi negara bagian.

Pemerintah negara bagian telah memberikan tambahan $15 juta untuk upaya keselamatan jiwa negara bagian pada 2021-22, untuk mendukung kesiapsiagaan darurat dan meningkatkan sistem peringatan dini dan deteksi.

“Peluncuran Strategi Keamanan Hayati Nasional tepat waktu karena kita semua bekerja sama untuk fokus pada ancaman seperti penyakit mulut dan kuku dan dermatitis kistik di Australia,” kata menteri.

Rencana implementasi nasional sekarang akan dikembangkan untuk mengidentifikasi langkah awal dan selanjutnya dan membantu negara bagian dan teritori merancang strategi biosekuriti mereka sendiri.

READ  Indonesia mempromosikan teknologi digital untuk pemulihan ekonomi - OpenGov Asia

Awal pekan ini pemerintah federal mengatakan paket kerjasama biosekuriti senilai $10 juta akan diberikan kepada Indonesia untuk menanggapi wabah PMK dan LSD.

Dukungan untuk tetangga terdekat Australia akan datang dalam bentuk alat pelindung diri dan disinfektan, pelatihan staf lapangan dan keahlian biosekuriti tentang pendekatan terbaik untuk mengatasi wabah.

Paket tersebut mencakup 1 juta dosis vaksin PMK dan $4 juta untuk vaksin PMK dan LST di samping hampir setengah juta dosis vaksin LST untuk Indonesia yang telah disediakan oleh pemerintah Australia.

Dalam sebuah pernyataan, Menteri Luar Negeri Penny Wong mengatakan Australia dan Indonesia berkomitmen untuk bekerja sama dalam menanggapi ancaman biosekuriti bersama.

“Melindungi biosekuriti kawasan kami adalah perhatian bersama dan paket ini dibangun di atas kerja sama kesehatan kami yang telah berlangsung lama, termasuk Kemitraan Keamanan Kesehatan Australia Indonesia,” katanya.


Baca selengkapnya:

Situs web Keamanan Hayati Nasional yang baru menyatukan informasi penting dari seluruh pemerintah