Oktober 3, 2022

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Pria Jepang ditangkap di Indonesia karena penipuan bantuan COVID

JAKARTA, Indonesia – Pihak berwenang di ujung selatan pulau Sumatera, Indonesia, Rabu mengatakan telah menangkap seorang buronan Jepang yang dituduh melakukan penipuan di Jepang.

Mitsuhiro Taniguchi, 47, ditangkap Selasa malam di desa Galirejo di kabupaten Lampung tengah oleh petugas imigrasi, dengan dukungan polisi setempat, kata juru bicara Polri Teddy Pressetto.

Dia dicari oleh polisi Jepang sehubungan dengan epidemi penipuan subsidi dan meninggalkan Jepang ke Indonesia pada Oktober 2020, kata Pressetto.

Panel pribadi dan kenalan dikatakan telah mengajukan sekitar 1.700 aplikasi palsu untuk dana bantuan Pemerintah-19. Departemen Kepolisian Metropolitan Tokyo percaya telah menerima 960 juta yen ($ 7,3 juta) dalam bentuk hibah di lebih dari 960 aplikasi.

Belum ada red notice terkait kasus Tanikuchi, namun pihak kepolisian Indonesia telah melakukan tindakan serius terkait dengan pihak imigrasi untuk mengetahui keberadaannya sejak masuk ke Indonesia.

“Ilegal berada di Indonesia setelah otoritas Jepang mencabut paspornya,” kata Pracetio, yang telah diserahkan ke Direktorat Pengawasan dan Penegakan Imigrasi Swasta, dan pejabat yang mengoordinasikan deportasi pejabat kedutaan Jepang.

Polisi Tokyo menangkap mantan istri Tanikuchi dan dua putra mereka karena dicurigai melakukan penipuan pada 30 Mei, dan MPD Tokyo menambahkannya ke daftar buronan internasional, menurut surat kabar Jepang The Mainichi Shimpan. Dikatakan diduga menggelapkan 3 juta yen ($ 22.500) dalam hibah COVID-19 dari Juni hingga Agustus 2020.

Rencana tersebut diketahui pada Agustus 2020 saat Kantor Hibah berkonsultasi dengan Kepolisian Tokyo. Tanikuchi diyakini telah meninggalkan Jepang dua bulan kemudian, menurut surat kabar Jepang The Asahi Shimpan.

READ  Makanan Ringan Vegetarian Indonesia oleh Rachel Stephanie – Resep | makanan dan minuman indonesia