Agustus 11, 2022

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Pemerintah Indonesia berkomitmen untuk meningkatkan literasi ekonomi digital

…sehingga menjaga kepercayaan masyarakat terhadap industri baru (ekonomi digital).

Jakarta (ANTARA) – Kementerian Komunikasi dan Informatika berkomitmen mendorong literasi ekonomi digital melalui Gerakan Nasional Literasi Digital (GLDN) agar masyarakat dapat memahami pentingnya privasi data di ruang digital.

“Era digitalisasi akan menjadi peluang emas bagi kita semua karena masyarakat diharapkan mampu menjalankan segala aktivitas ekonomi digital,” kata Risky Amelia, koordinator literasi digital kementerian, Jumat.

Dia mencatat, pertumbuhan ekonomi Indonesia saat ini membaik karena akses ke ekonomi digital yang semakin inklusif.

Menurut data Bank Indonesia (BI), nilai transaksi uang elektronik meningkat 42,06 persen pada kuartal I 2022, sedangkan nilai transaksi perbankan digital meningkat 34,9 persen dibandingkan 2021.

“Pertumbuhan ekonomi Indonesia yang pesat mendorong konten keuangan dan harus dibarengi dengan berbagai inisiatif edukasi masyarakat untuk memastikan perlindungan konsumen dilaksanakan dengan baik sehingga kepercayaan masyarakat terhadap industri baru (ekonomi digital) dapat terjaga,” ujarnya.

Berita Terkait: Kementan cari metawares untuk mendorong perekonomian

Indonesia mendorong pemerataan akses pendidikan ekonomi digital di berbagai forum internasional.

Amelia mengatakan, kementerian yang mengetuai Digital Economic Working Group (DEWG) selama kepresidenan G20 Indonesia, telah mengusulkan diskusi komprehensif tentang berbagai masalah terkait ekonomi digital, termasuk perlindungan data pelanggan.

DEWG adalah salah satu gugus tugas G20 yang berfokus pada isu-isu terkait ekonomi digital dan menyoroti peran perubahan digital dalam pembangunan ekonomi dan sosial.

Amelia mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk berperan aktif dalam penerapan GLDN agar dapat lebih memahami dasar-dasar ekonomi digital dan ruang digital.

Dengan demikian, visi percepatan transformasi digital Indonesia Emas 2045 dapat terwujud sesuai dengan tujuan.

Menurut Kementerian Komunikasi dan Informatika, sejak tahun 2021, sekitar 14,5 juta orang telah mengikuti GLDN.

READ  Indonesia batalkan travel bubble dengan Singapura

Berita Terkait: DEWG G20 pertama berfokus pada literasi dan keterampilan digital