Juni 22, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Para ilmuwan dikejutkan dengan sumber gempa terbesar yang pernah ditemukan di Mars

Para ilmuwan dikejutkan dengan sumber gempa terbesar yang pernah ditemukan di Mars

WASHINGTON, 18 Oktober (Reuters) – Pada tanggal 4 Mei 2022, pendarat InSight NASA mendeteksi gempa bumi terbesar yang pernah tercatat di Mars, dengan kekuatan 4,7 skala Richter, cukup kecil menurut standar Bumi tetapi relatif kuat dibandingkan tetangga planet kita.

Karena Mars tidak memiliki proses geologis yang disebut lempeng tektonik yang menghasilkan gempa bumi di planet kita, para ilmuwan menduga dampak meteorit yang menyebabkan gempa Mars ini. Namun pencarian kawah tumbukan tidak membuahkan hasil, sehingga para ilmuwan menyimpulkan bahwa gempa ini disebabkan oleh aktivitas tektonik – mengguncang bagian dalam planet – dan memberi mereka pemahaman lebih dalam tentang apa yang membuat Mars berguncang, berguncang, dan berguling.

Ilmuwan planet Ben Fernando dari Universitas Oxford di Inggris, penulis utama studi tersebut, mengatakan: “Kami telah menyimpulkan bahwa gempa bumi terbesar di Mars yang dilihat oleh InSight adalah tektonik, bukan tumbukan. Ini penting karena menunjukkan bahwa patahan di Mars dapat menjadi tempat terjadinya tabrakan. gempa bumi besar di Mars.” Penelitian dipublikasikan minggu ini di jurnal Surat Penelitian Geofisika. “Kami benar-benar berpikir acara ini dapat memberikan dampak.”

“Ini merupakan langkah maju yang penting dalam pemahaman kita tentang aktivitas seismik di Mars, dan membawa kita selangkah lebih dekat untuk mengungkap proses tektonik di planet ini dengan lebih baik,” tambah Konstantinos Charalambous, ilmuwan planet di Imperial College London, salah satu penulis studi tersebut. , dan salah satu kepala Departemen Geologi Insight. kelompok.

NASA menghentikan InSight pada tahun 2022 setelah empat tahun beroperasi. Secara total, seismometer InSight mendeteksi 1.319 gempa bumi Mars.

Kerak bumi – lapisan luar – terbagi menjadi lempengan-lempengan besar yang terus bergerak, sehingga menyebabkan gempa bumi. Kerak Mars merupakan satu lapisan padat. Tapi ini tidak berarti keadaan di Mars tenang.

READ  Permukaan liar Betelgeuse tampak membingungkan bagi teleskop kita: ScienceAlert

“Masih ada patahan aktif di Mars,” kata Fernando, “Planet ini masih perlahan menyusut dan mendingin, dan masih ada pergerakan di dalam kerak bumi meski tidak ada proses lempeng tektonik aktif. Patahan ini bisa memicu gempa bumi.” .

Para peneliti menetapkan bahwa gempa berkekuatan 4,7 skala Richter berpusat di wilayah Kairo Valles di belahan bumi selatan Mars, sekitar 1.200 mil (2.000 km) tenggara lokasi InSight di utara khatulistiwa. Mereka percaya bahwa itu mungkin berasal dari beberapa puluh mil (kilometer) di bawah permukaan.

Planet Mars ditunjukkan dalam gambar yang diambil oleh Teleskop Luar Angkasa Hubble NASA pada 12 Mei 2016. NASA/Handout via Reuters/File Photo Memperoleh hak lisensi

“Sebagian besar gempa bumi Mars yang kami deteksi sejauh ini terkait dengan wilayah yang disebut Cerberus Fossae, yang terletak di sebelah timur InSight. Sebaliknya, asal muasal gempa ini membuat kami bingung, karena tidak ada fitur permukaan yang dapat dilihat yang menunjukkan kemungkinan terjadinya proses tektonik yang sedang berlangsung.” penyebabnya,” tambah Charalambos. “Terutama yang dapat menyebabkan gempa bumi sekuat itu.”

Energi yang dilepaskannya melebihi energi kumulatif dari semua gempa bumi Mars lainnya yang dicatat oleh InSight. Para peneliti awalnya melihat kesamaan tanda seismiknya dengan dua dampak meteorit yang ditemukan oleh InSight yang menciptakan kawah berukuran sekitar 500 kaki (150 meter).

Mereka meminta bantuan berbagai badan antariksa yang memiliki pesawat ruang angkasa yang memantau permukaan Mars – badan-badan Eropa, Amerika Serikat, Tiongkok, India, dan Uni Emirat Arab – untuk memeriksa bukti dampak gempa pada hari terjadinya gempa. Tidak beruntung.

“Kurangnya kawah dalam pencarian gambar kami untuk gempa besar ini merupakan tonggak penting dalam menafsirkan sinyal seismik di Mars,” kata Charalambous.

READ  Platform Pengeditan Epigenome yang baru memungkinkan pemrograman modifikasi epigenetik yang tepat

Dengan mempertimbangkan misi manusia ke Mars di masa depan, pemahaman yang lebih mendalam tentang aktivitas seismik di Mars sangatlah relevan.

“Di Bumi, gempa sebesar ini mungkin akan memecahkan jendela, mengguncang barang-barang dari rak, dan sebagainya, namun tidak akan meruntuhkan rumah,” kata Fernando.

Lokasi sebagian besar gempa bumi Mars yang terdeteksi oleh InSight masih belum pasti, dengan sedikit pemahaman tentang mekanisme yang menyebabkan terjadinya gempa tersebut, kata Charalambos.

“Setiap peristiwa seismik yang terdeteksi oleh InSight merupakan bagian berharga dari teka-teki, namun peristiwa khusus ini memainkan peran penting dalam mengungkap sejarah geologi Planet Merah, menjelaskan interior dan evolusinya,” kata Charalambos.

“Selain itu, hal ini memberikan wawasan mendasar mengenai distribusi aktivitas seismik di Mars, yang merupakan pertimbangan penting dalam perencanaan misi manusia di masa depan ke planet ini.”

Akankah Dunham melaporkan. Diedit oleh Daniel Wallis

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.

Memperoleh hak lisensimembuka tab baru