Juni 22, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Pada hari ini, 28 September: Gempa bumi, tsunami menewaskan ratusan orang di Indonesia

Pada hari ini, 28 September: Gempa bumi, tsunami menewaskan ratusan orang di Indonesia

Petugas penyelamat dan tentara membawa kantong jenazah korban melewati kawasan yang dilanda gempa di Balaroa, Balu, Sulawesi Tengah, Indonesia, pada 4 Oktober 2018. Serangkaian gempa bumi dahsyat melanda Sulawesi Tengah pada tanggal 28 September, menewaskan 1.500 orang. 2018, memicu tsunami. File foto oleh Mast Irham/EPA-EFE
Para pendeta Filipina memegang plakat saat protes terhadap pemakaman mantan diktator Ferdinand Marcos di Monumen Kekuatan Rakyat di Kota Quezon, timur laut Manila, 18 November 2016. Pada tanggal 28 September 1989, Marcos meninggal di pengasingan di Hawaii. tandai r. File foto oleh Cristino/EPA
Adolf Hitler menghadiri rapat umum Partai Nazi di Nuremberg, Jerman, 1928. Pada tanggal 28 September 1938, Hitler mengadakan konferensi empat negara di Munich untuk membahas krisis Cekoslowakia. File foto oleh NARA/UPI

28 September (UPI) — Pada tanggal ini dalam sejarah:

Pada tahun 490 SM, Yunani mengalahkan Persia di Marathon. Seorang tentara Yunani bernama Pheidippides berlari lebih dari 26 mil untuk mengumumkan kemenangan kepada orang Athena dan meninggal tak lama setelah pengumuman tersebut. Prestasinya menjadi model bagi perlombaan maraton modern.

Periklanan

Pada tahun 1892, Universitas Mansfield menjadi tim tuan rumah untuk pertandingan sepak bola malam pertama. Pertandingan di Smythe Park di Mansfield, Pa., dihentikan pada babak pertama karena pencahayaan yang tidak memadai.

Pada tahun 1920, dalam salah satu skandal bisbol terbesar, dewan juri mendakwa delapan pemain Chicago White Sox karena gagal dalam Seri Dunia 1919 ke Cincinnati Reds.

Pada tahun 1928, Alexander Fleming menemukan penisilin.

Pada tahun 1938, Adolf Hitler mengadakan konferensi empat negara di Munich untuk membahas krisis Cekoslowakia, sehingga menunda perjalanan tentara Jerman ke Sudetenland.

READ  Grup GoTo Indonesia mengumpulkan $ 1,3 miliar menjelang rencana IPO

Pada tahun 1958, Perancis mengadopsi konstitusi baru yang ditulis oleh Michel Debre dan didukung oleh mantan presiden Charles de Gaulle.

Pada tahun 1982, laporan pertama kematian akibat kapsul Tylenol berkekuatan ekstra yang dicampur dengan sianida muncul di wilayah Chicago. Tujuh orang meninggal dan kasus yang belum terselesaikan mengakibatkan kemasan produk konsumen tidak rusak.

Pada tahun 1987, pengadilan banding federal menyatakan Sekolah Umum Boston secara resmi melakukan desegregasi setelah upaya selama 13 tahun.

Pada tahun 1989, mantan diktator Filipina Ferdinand Marcos meninggal di pengasingan di Hawaii.

Pada tahun 1992, sebuah pesawat jet Pakistan yang membawa 167 orang jatuh di pegunungan tenggara Kathmandu, Nepal, menewaskan semua penumpangnya.

Pada tahun 1994, 852 orang tewas ketika kapal feri MS Estonia, yang melakukan perjalanan dari Estonia ke Swedia, terbalik di lepas pantai Finlandia dalam cuaca badai.

Pada tahun 2008, negosiator Kongres AS dan Menteri Keuangan Henry Paulson menyetujui rencana dana talangan industri perbankan sebesar $700 miliar. Hal ini memberi Departemen Keuangan kekuasaan yang belum pernah ada sebelumnya, termasuk kemampuan untuk membeli aset keuangan yang mengalami kesulitan.

Alexis C. File foto oleh Glenn/UPI

Pada tahun 2009, Iran mengatakan pihaknya telah menguji rudal jarak jauh, salah satunya dapat menempuh jarak hingga 1.250 mil. Para pengamat dengan cepat mencatat beberapa lokasi yang berada dalam jarak serangan rudal tersebut, termasuk Israel, pangkalan AS di Teluk Persia dan sebagian Eropa.

Pada tahun 2014, puluhan ribu pengunjuk rasa pro-demokrasi, anggota Occupy Central Movement, bentrok dengan polisi anti huru hara di Hong Kong, menyebabkan 26 orang terluka dan 78 orang ditangkap.

READ  Kinerja neraca perdagangan terjamin - UOB

Pada tahun 2018, gempa berkekuatan 7,5 skala Richter terjadi di dekat pulau Sulawesi, Indonesia, memicu tsunami yang menewaskan lebih dari 1.500 orang.

Pada tahun 2020, Universitas Johns Hopkins melaporkan bahwa 1 juta orang di seluruh dunia telah meninggal karena COVID-19, sekitar 9 bulan setelah virus ini pertama kali dilaporkan di Tiongkok.

Pada tahun 2022, Badai Ian menghantam Florida Barat Daya dengan kecepatan angin 155 mph. Badai tersebut akhirnya menyebabkan lebih dari 160 kematian dan menyebabkan kerugian lebih dari $113 miliar di beberapa negara.

File foto oleh Thom Bauer/UPI