Mei 28, 2022

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Nelayan Indonesia memanfaatkan daya lindung hutan bakau | Lingkungan | Semua topik mulai dari perubahan iklim hingga konservasi | DW

Hingga 40% hutan bakau Indonesia telah hilang, banyak yang ditebang untuk memberi jalan bagi udang dan tambak. Tetapi setelah beberapa dekade dianggap sebagai pengganggu, pohon-pohon itu semakin populer, dengan para pembudidaya ikan semakin menyadari kemampuan mereka untuk menyediakan sabuk hijau pelindung untuk membantu menghindari erosi pantai. Kami mengunjungi dua proyek yang bertujuan untuk melindungi keanekaragaman hayati hutan yang unik.

Sri Rejeki, seorang ilmuwan kelautan dengan minat khusus dalam pengelolaan tambak dan bakau, adalah kekuatan utama di balik proyek Associate Mangrove Aquaculture. Bersama timnya, ia mengajari para pembudidaya ikan setempat cara membuat tanggul dan sistem kunci baru untuk mengatur aliran air. Hal ini memudahkan pengumpulan sedimen yang memungkinkan mangrove tumbuh secara alami. Proyek ini bertujuan untuk melindungi desa-desa terdekat dari banjir serta fasilitas kolam, sehingga melindungi pendapatan para pembudidaya ikan. Rejeki yakin, bekerja sama dengan penduduk setempat, hutan bakau akan kembali besar di tanah air.

Di Indonesia, sebagian besar keanekaragaman hayati pesisir telah hilang

Wasito, mantan nelayan, mulai menanam bakau di wilayah Kendal lebih dari satu dekade lalu ketika dia melihat bahwa erosi pantai meningkat, dan garis pantai semakin kecil. Melalui proyeknya ia bekerja dengan warga dan kaum muda untuk menanam bakau dan mendidik orang lain tentang pentingnya pohon. Sejak memulai proyek sendirian, ratusan telah bergabung dengannya.

Sebuah film oleh Nicole Ris dan AB Rodhial Falah

READ  BintanGO ingin meningkatkan ekonomi kreator Indonesia - TechCrunch