Mei 18, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Negara Bagian Enugu Bermitra dengan Indonesia dalam Industrialisasi dan Pembangunan Ekonomi – Voice of Nigeria

Negara Bagian Enugu Bermitra dengan Indonesia dalam Industrialisasi dan Pembangunan Ekonomi – Voice of Nigeria

Pemerintah Negara Bagian Enugu menyatakan akan berkolaborasi dengan Pemerintah Indonesia untuk mendorong kesejahteraan bersama, aliran modal, dan diversifikasi industri Indonesia di dalam negeri.

Baca Juga: Pemerintah Enugu Akan Genjot Industri Peternakan

Sekretaris Pemerintah Negara Bagian (SSG), Prof. Sidibere Onia mengatakan pada hari Jumat pada konferensi pers Perdagangan dan Investasi Nigeria Indonesia (NIITF) di Lagos bertajuk “Menemukan Kembali Potensi Bisnis di Nigeria”.

Onia mengatakan langkah ini akan mendorong kegiatan perdagangan antara kedua negara dan membantu menjajaki berbagai peluang investasi di negara bagian tersebut di sektor-sektor utama seperti energi, listrik dan transportasi.

Dia mencatat bahwa dalam konteks sejarah Nigeria, Negara Bagian Enugu memainkan peran penting dalam merangsang pertumbuhan ekonomi dengan memenuhi kebutuhan energi negara dan sekitarnya.

Ia mengatakan, sumber daya mineralnya yang melimpah, tanahnya yang subur, lahan subur yang mendukung produksi kacang mete, sorgum, beras, singkong, dan jenis pertanian lainnya yang unggul menjadikan negara ini sebagai tujuan investasi yang ideal.

Bentang alam SSG State yang menakjubkan menawarkan peluang investasi potensial dalam ekowisata, sementara populasinya yang didominasi kaum muda menyediakan banyak sumber daya manusia.

Enugu diberkati dengan cadangan gas alam yang belum dimanfaatkan dan cadangan gas alam kami yang sangat besar memberikan tanggung jawab kepada negara bagian untuk mengubah Nigeria menjadi ekonomi hijau.

“Saya dengan senang hati mengumumkan bahwa Enugu adalah salah satu negara bagian pertama yang menarik investasi pada bus bertenaga CNG dan bahwa negara bagian tersebut mempunyai potensi untuk menjadi pemimpin dalam industri ramah lingkungan di masa depan.

Negara Bagian Enugu merupakan pintu gerbang perdagangan dan investasi utama di kawasan Tenggara karena memiliki infrastruktur transportasi multimoda yang mendukung aktivitas perdagangan antara kawasan Tenggara, Nigeria Utara, dan wilayah lain di Afrika.” dia berkata.

READ  Indonesia mencabut semua pembatasan COVID

Onia juga mengatakan bahwa rencana transformasi ekonomi negara ini menggarisbawahi strategi tiga cabang yaitu meningkatkan produktivitas sektor, mereformasi lembaga-lembaga utama pemerintah dan menciptakan program dan layanan sektor sosial yang lintas sektoral.

Dia mengungkapkan bahwa visi negara di bawah pemerintahan yang dipimpin Peter Mbah adalah menjadikan Enugu salah satu dari tiga negara bagian yang menghasilkan pendapatan terbesar dan mencapai angka kemiskinan nol persen.

Dia mengatakan pemerintah berkomitmen untuk memastikan perdamaian dan keamanan sehingga perekonomian negara dapat tumbuh secara eksponensial dari $4,4 miliar produk domestik bruto (PDB) menjadi $30 miliar PDB perekonomian dalam 8 tahun ke depan.

Misi kami adalah menjadikan Enugu tujuan pilihan untuk investasi, bisnis, pariwisata, dan tinggal di Nigeria.

“Negara Bagian Enugu akan menjadi kisah sukses paling luar biasa di Nigeria yang didorong oleh industrialisasi dan transformasi ekonomi struktural, pengelolaan keuangan publik yang bertanggung jawab, pertumbuhan perdagangan dan investasi yang kuat, serta pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan dan inklusif.” dia berkata.

SSG berjanji bahwa Undang-undang Ketenagalistrikan Negara yang baru ditandatangani oleh Gove Peter Mbah akan bermanfaat bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), semakin mengembangkan daya saing bisnis dan memperluas ekosistem di seluruh negara.

Dia mengatakan bahwa hambatan yang menghambat pertumbuhan dan profitabilitas investasi di negara bagian tersebut sedang diatasi untuk lebih mengurangi risiko terhadap iklim investasi di negara bagian tersebut.

Senada dengan itu, Komisaris Negara Bagian Enugu untuk Perdagangan, Investasi dan Industri, Ibu Adora Chukwu, mengatakan bahwa kemitraan negara bagian dengan pemerintah Indonesia didasarkan pada inisiatif gubernur negara bagian tersebut untuk mengubah perekonomian negara bagian dari $4,4 miliar menjadi $30 miliar.

READ  Inpex Perpanjang MoU Pasokan LNG ke PLN Indonesia

Chukwu menjelaskan bahwa salah satu cara untuk mencapai mandat tersebut adalah melalui kemitraan strategis dan kolaborasi dengan berbagai investor internasional dan lokal untuk memanfaatkan berbagai peluang investasi di negara bagian tersebut.

Ia mengatakan forum investasi akan membantu membuka peluang baru bagi investor, perdagangan, dan pengaturan ekspor antara perekonomian kedua negara.

Pemerintah telah mengadopsi model yang disebut Strategi Pertumbuhan Sektor Terpadu (ISGS), yang menyiratkan bahwa tidak ada sektor yang diprioritaskan di atas sektor lainnya.

“Upaya telah dilakukan untuk memperkuat kerangka peraturan dan hukum untuk memastikan hilangnya hambatan agar investor dapat masuk.

“Nigeria diharapkan dapat menarik investasi, industri dan penanaman modal dan bagi pemerintah Indonesia, ini akan menjadi usaha yang saling menguntungkan, dengan Negara Bagian Enugu yang memberikan keahlian di bidang-bidang tertentu” dia berkata.

Presiden Kamar Dagang dan Industri Indonesia Nigeria (NICCI), Bapak Ismail Balogun, mencatat bahwa investasi antara kedua negara telah meningkat dari $2,6 miliar pada tahun 2021 menjadi $4,6 miliar pada tahun 2022.

Balogan mencatat bahwa ada potensi untuk berbuat lebih banyak, itulah tema yang diangkat untuk acara tersebut di Indonesia.

Menurutnya, gubernur akan menyampaikan pidato utama tahun ini sejalan dengan janjinya untuk meningkatkan PDB negara bagiannya.

Kami memiliki peserta yang sangat kuat dari sektor publik dan swasta dari Nigeria dan Indonesia.

“Area fokusnya meliputi manufaktur, energi terbarukan, pembangkit listrik, pembangunan infrastruktur, layanan kesehatan, pertanian, transportasi, pertambangan, ekonomi digital, dan banyak lagi.

“Hal ini akan diikuti dengan diskusi meja bundar antar pemerintah, antar pemerintah, dan antar bisnis yang akan semakin mendorong kolaborasi berkelanjutan dan kemitraan yang efektif.

“Akhirnya, sejumlah Memorandum of Understanding (MOU) akan ditandatangani oleh peserta dari sektor publik dan swasta di Nigeria, dan kedua negara dapat terus melangkah maju.,” dia berkata.

READ  Jenazah Nelayan yang Meninggal di Indonesia Tiba di Chennai | Berita Chennai

NAN/MTO