November 30, 2021

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Mendag mengatakan UEA menarik minat investasi di ibu kota baru Indonesia, Kalimantan

Indonesia berencana untuk memindahkan ibu kotanya dari Jakarta ke Kalimantan pada paruh pertama tahun 2024.
Kredit Gambar: Reuters

DUBAI: Menteri Perdagangan Indonesia Mohammed Ludfi ​​mengatakan bahwa perjanjian senilai $ 27 miliar telah ditandatangani sebagai bagian dari kemitraan ekonomi komprehensif antara Uni Emirat Arab dan Indonesia. Kesepakatan itu juga mencakup investasi $ 10 miliar di Komisi Investasi Indonesia, dana properti negara yang didirikan pada November 2020.

Menkeu mengatakan, Uni Emirat Arab dan Indonesia juga sedang menjajaki joint venture antara Emirates Global Aluminium (EGA) dengan perusahaan milik negara Indonesia. Selain minyak mentah, “Indonesia membeli aluminium dari bahan lain di Uni Emirat Arab – kami sedang melakukan studi tentang cara membuat usaha patungan.”

Uni Emirat Arab dan Indonesia melihat volume perdagangan mereka “tiga kali lipat” dibandingkan dengan sekitar $3 miliar yang tercatat pada tahun 2020, kata Lutfi. “Kami masih sangat kecil dibandingkan dengan negara-negara ASEAN lainnya di kawasan.”

Ibukota baru

Pada paruh pertama tahun 2024, Indonesia sedang mencari dana untuk memindahkan ibu kotanya ke pulau Kalimantan. Biaya pengembangan ibukota baru yang direncanakan dikatakan sekitar $ 33 miliar. “Ini dialog (yang sedang kita lakukan), Indonesia ingin ada kerja sama kedua negara untuk membangun ibu kota baru Indonesia,” kata Ludfi.

Ludfi ​​berusaha untuk “meningkatkan” hubungan perdagangan mereka di empat bidang utama: UEA, Indonesia – baja, produk baru, industri otomotif, dan perhiasan. “Indonesia merupakan produsen baja nirkarat terbesar kedua di dunia, terutama sejak 2019, yang menjual produk baja pertama,” kata Menkeu. “Kami juga ingin menjual produk baru.”

Ludfi ​​juga berbicara tentang ekspor perhiasan Indonesia ke Uni Emirat Arab melalui Singapura karena adanya perjanjian perdagangan bebas antara kedua negara. Tidak adanya perjanjian perdagangan, tambahnya, “membeli perhiasan dari Indonesia 5 persen lebih banyak daripada membelinya dari Singapura.”

READ  Perusahaan pemasaran Blockchain ICN mengubah lanskap kripto di Indonesia