Mencicipi Nikmatnya Martabak Har, Kuliner Khas Palembang Selain Pempek | Berita dan Review Bekasi Terkini - reviewbekasi.com
Makanan

Mencicipi Nikmatnya Martabak Har, Kuliner Khas Palembang Selain Pempek

REVIEW, Palembang – Jika biasanya kota Palembang selalu identik dengan pempeknya, kali ini Review Bekasi akan mengajak Anda untuk mencicipi kuliner lezat yang akan jadi menu wajib, bagi Anda yang akan berkunjung ke kota yang dijuluki Bumi Sriwijaya ini.

Martabak HAR adalah salah satu kuliner palembang yang sangat populer di kalangan masyarakat selain pempek.

Tidak hanya bagi masyarakat Palembang, kuliner legendaris ini bahkan sering menjadi buruan wisatawan luar kota.

Sebutan HAR sendiri berasal dari sebuah nama yaitu Haji Abdul Rojak, seorang warga negara Hindia yang merantau ke wilayah Palembang.

H Abdul Rozaq kemudian mendirikan restoran martabak pada tahun 1947 di Palembang yang hingga kini disebut Martabak HAR.

Lokasinya berada di Jalan Jendral Sudirman, 18 Ilir, Ilir Timur, Palembang. Dekat dengan ikon kota Palembang yaitu jembatan Ampera.

Warung Martabak HAR dilokasi ini tidak terlalu besar, dan cukup sulit untuk bisa parkir di depan bangunannya langsung.

Makanan berbentuk persegi ini hampir mirip dengan martabak telur yang sering kita jumpai. Perbedaannya adalah  martabak HAR tidak menggunakan potongan daging dan daun bawang sebagai isian, namun hanya dua buah telur ayam atau bebek yang dimasukkan ke dalam kulit martabak.

Kulit martabak yang sudah diisi telur lalu digoreng di dalam minyak panas selama kurang lebih lima menit.

Martabak HAR yang sudah matang disajikan selagi hangat bersama kuah kari kental yang berisi potongan kentang dan daging sapi.

Kuah dari Martabak HAR disebut tidak menggunakan penyedap masakan. Namun kelezatannya tetap akan terasa karena perpaduan renyahnya  kulit martabak yang berisi lembutnya telur ditambah nikmatnya  kari yang lumer di lidah.

Bagi anda yang suka pedas, anda bisa menambahkan irisan cabai hijau yang telah dicampur oleh cuka dan kecap asin yang dijamin bikin rasa Martabak HAR semakin mantap.

Penampilannya yang sederhana tidak menutupi mewahnya rasa dari Martabak HAR ini. Harga seporsi martabak HAR telur ayam diberi harga Rp 20.000, restoran buka dari pukul 06.00 – 01.00 WIB.

Jadi, jangan lupa memasukkan Martabak HAR ke dalam daftar tujuan wisata kuliner Anda saat berkunjung ke kota Palembang




Klik Untuk Berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terpopuler

To Top