November 29, 2022

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Mahkamah Konstitusi Indonesia dan Spanyol telah sepakat untuk bertukar informasi

Jakarta (Andara) – Mahkamah Konstitusi (MK) Indonesia menyatakan akan bertukar informasi tentang hukum tata negara dan hal-hal lain dengan Mahkamah Konstitusi Spanyol (Mahkamah Konstitusional).

“Memorandum of Understanding (MoU) ini merupakan respon kolektif terhadap kehidupan global yang terbuka terhadap informasi,” kata Ketua MK Anwar Usman di Jakarta, Jumat. Komunikasi terbuka menghilangkan hambatan komunikasi, katanya.

Dia mengatakan akan mencakup kerja sama antara kedua firma hukum, pertukaran penilaian, peningkatan kapasitas kelembagaan, kursus profesional, penelitian bersama dan penyelenggaraan konferensi internasional.

Kemudian, MoU tersebut akan berlaku selama lima tahun sejak tanggal penandatanganan dan dapat diperpanjang untuk lima tahun lagi, katanya.

Usman, Bertukar informasi dan pengalaman adalah proses umum yang memungkinkan pengadilan mengejar perbaikan global yang cepat.

“Secara khusus, ada beberapa kesamaan antara MK Indonesia dan Mahkamah Konstitusi Spanyol,” tambahnya.

Berita Terkait: Semua Pihak Desak Hormati Putusan Akhir MK: Maroop Amin

Apalagi, Indonesia dan Spanyol adalah mitra strategis yang memiliki visi utama yang sama dalam penegakan hukum, demokrasi, dan hak asasi manusia, ujarnya.

Dia mencatat bahwa persatuan suatu negara adalah kunci untuk membangun bangsa yang sejahtera.

Mengingat peran anti-separatis pengadilan Spanyol dalam menjaga persatuan negara dalam urusan provinsi Catalonia, dia mengatakan itu akan menjadi pelajaran yang dipetik secara mendalam oleh MK.

“MK bukan hanya pembela konstitusi, tetapi juga pembela persatuan negara dengan menjunjung tinggi persatuan Indonesia,” jelasnya.

Sementara itu, Pedro Jose Gonzalez Trevijano Sanchez, Ketua Mahkamah Konstitusi Spanyol, mengatakan kerjasama dengan MK merupakan suatu kehormatan bagi pengadilan Spanyol karena MK memiliki reputasi besar tidak hanya di Asia tetapi di dunia.

Berita Terkait: Indonesia tidak mengakui kemerdekaan Catalunya

READ  Indonesia akan latih 9.300 pekerja untuk pembangunan infrastruktur ibu kota baru