November 30, 2021

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Macron dari Prancis melihat ke Indonesia dan India untuk hubungan strategis yang lebih dalam

Diposting di:

Presiden Prancis Emmanuel Macron dan utusan Indonesia-nya Joko Widodo berjanji untuk bekerja untuk “kemitraan strategis sejati” pada hari Sabtu, kata kepresidenan Prancis, menyusul penutupan Paris dari perjanjian keamanan antara Amerika Serikat, Inggris dan Australia. Dia juga menegaskan kembali keinginannya untuk bekerja lebih dekat dengan India. Komentarnya muncul setelah pertemuan di sela-sela KTT G20 di Roma.

Sejak kehilangan kesepakatan kapal selam utama dengan Canberra, AUKUS telah bergabung dengan aliansi untuk menangani lebih baik dengan China, sementara Prancis mencari kenyamanan dalam memimpin negara-negara Asia Tenggara ke hubungan strategis yang lebih dalam di kawasan Pasifik.

Di sela-sela KTT G20 di Roma, Jokowi dan Macron bertemu selama setengah jam untuk membahas pengaruh ekonomi yang berkembang di kawasan itu dan persaingan antara Amerika Serikat dan China.

Pihak Prancis mengatakan mereka “memutuskan untuk bekerja dalam kemitraan strategis sejati di kawasan Indo-Pasifik.”

“Dengan mitra kami, kami akan terus bekerja untuk perdamaian dan kerja sama di kawasan Indo-Pasifik,” tulis Macron di Twitter. “Indonesia adalah kunci keberhasilan ini, dan lebih dari sekadar mitra, sayang @Djokovic, seorang teman.”


Presiden Prancis menambahkan bahwa kemitraan tersebut secara khusus akan “mengatasi pertanyaan tentang perubahan ekologi, dukungan untuk lapangan kerja dan pertumbuhan di Indonesia dan kebangkitan pasca-Covit.”

Pembicaraan itu dilakukan menjelang kunjungan Menteri Luar Negeri Prancis Jean-Yves Le Drian ke Jakarta dengan Indonesia untuk mengambil alih jabatan pemimpin G20 bergilir Italia.

Widodo dan sekutu Prancisnya meninjau integrasi di Kamp Regional ASEAN di Asia Tenggara, di mana Indonesia, dengan populasi lebih dari 270 juta, memainkan peran kunci.

Hubungan Prancis – India

Macron juga mengangkat masalah Indo-Pasifik selama pembicaraan dengan Perdana Menteri India Narendra Modi pada Sabtu sore.

Pasangan itu mengakui perlunya mempromosikan nilai-nilai demokrasi dan menegaskan kembali saling menghormati kedaulatan, perdamaian dan stabilitas.

“Dengan India, kami berbagi ambisi yang sama untuk lingkungan, kesehatan, dan inovasi,” tulis Macron di Twitter. “Kami akan terus bekerja sama menuju hasil nyata, terutama di kawasan Indo-Pasifik.”


Pertukaran akan berlangsung di Paris minggu depan untuk membahas langkah selanjutnya dalam hubungan bilateral.

Vaksin Covit-19

Di tempat lain pada KTT G20, Pemerintah berbicara tentang vaksin.

Kepresidenan G20 Italia mengatakan pada hari Sabtu bahwa 20 negara harus memastikan bahwa 70 persen populasi dunia divaksinasi terhadap Covit-19 pada pertengahan 2022.

“Kami sangat dekat untuk mencapai tujuan WHO untuk memvaksinasi 40 persen populasi dunia pada akhir 2021. Kami sekarang harus melakukan segala yang kami bisa untuk mencapai 70 persen pada pertengahan 2022,” kata Perdana Menteri Italia Mario Draghi.

Emmanuel Macron meminta mitra G20-nya untuk menghadapi tantangan yang sama seperti yang dilakukan Prancis.

“Dengan lebih sedikit negara, Prancis telah membagikan 67 juta vaksin. Kami akan mencapai 120 juta pada pertengahan 2022. Kami akan mempercepat upaya kami. Dengan bekerja sama, kami akan mengalahkan virus itu,” kata Macron.

READ  Exxonmobil jajaki penyimpanan penangkapan karbon di Indonesia | 790 KFGO yang perkasa