Oktober 6, 2022

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Lima dari gambar paling menakjubkan dari Teleskop Webb NASA

Lima dari gambar paling menakjubkan dari Teleskop Webb NASA

Sejak gambar pertama dari James Webb baru NASA muncul pada bulan Juli, aliran gambar yang menakjubkan telah dilepaskan oleh teleskop perintis.

Teleskop James Webb senilai $10 miliar, yang menggantikan Teleskop Hubble lama dan diluncurkan ke luar angkasa pada Desember 2021, telah menangkap galaksi-galaksi jauh, bintang-bintang bercahaya yang berjarak beberapa tahun cahaya, dan gambar baru Jupiter.

Berikut adalah lima foto paling menakjubkan yang diambil James Webb sejauh ini.

Nebula Cincin Selatan

NASA dan Institut Sains Teleskop Luar Angkasa (STScI)

Salah satu situs paling populer di web adalah . Nebula Cincin Selatanyang merupakan salah satu gambar pertama Webb yang dirilis pada 12 Juli.

Webb menangkap sisa-sisa katai putih – sisa-sisa bintang yang membakar semua bahan bakar nuklirnya dan mengeluarkan kulit terluarnya ke dalam nebula planet.

Teleskop mengumpulkan gambar dalam cahaya inframerah. Dibandingkan dengan Hubble, Teleskop James Webb dapat menangkap ruang dalam inframerah dengan kekuatan yang jauh lebih besar, “memberikan pemandangan alam semesta yang belum pernah dilihat sebelumnya,” tulis pejabat NASA di situs web badan tersebut.

NASA telah merilis gambar Nebula Cincin Selatan dalam cahaya inframerah-dekat (NIRcam) dan inframerah-tengah (MIRcam), dengan yang pertama lebih dekat ke panjang gelombang yang terlihat yang dapat dilihat oleh mata manusia normal, membuat gambarnya jauh lebih panas dan tinggi. resolusi.

Namun, MIRcam dapat menangkap sesuatu dengan lebih detail. Misalnya, gambar inframerah-tengah dari Nebula Cincin Selatan menunjukkan gambar yang lebih jelas dari sebuah bintang terang, bersinar di latar belakang katai putih.

lereng kosmik

Lintas NASA dan Institut Sains Teleskop Luar Angkasa (STScI)

Gambar populer lainnya adalah lereng kosmik Tepi wilayah pembentuk bintang yang NASA bandingkan dengan “pegunungan berbatu di malam yang diterangi cahaya bulan”.

READ  Para ilmuwan memperkirakan bahwa tata surya dapat runtuh karena lewatnya sebuah bintang

Daerah pembentuk bintang muda yang disebut NGC 3324 terletak lebih dari 7.000 tahun cahaya di Nebula Carina. Gambar NASA dari tempat ini di alam semesta menunjukkan rongga gas besar di tepi NGC 3324 dalam gambar gabungan oranye dan biru.

“Wilayah nebula yang luas telah dipahat oleh radiasi ultraviolet yang kuat dan angin bintang dari bintang-bintang muda yang panas dan masif di pusat gelembung,” tulis para pejabat di situs web tersebut.

Di NIRcam, pemirsa dapat melihat ratusan bintang yang tersembunyi dari mata manusia normal, serta banyak galaksi yang berkilauan di latar belakang.

NGC 3324 pertama kali direkam oleh astronom James Dunlop pada tahun 1826.

galaksi roda gerobak

NASA dan Institut Sains Teleskop Luar Angkasa (STScI)

ini foto 2 Agustus Galaksi Roda Kereta menyerupai kincir ria galaksi merah terang di luar angkasa.

Galaksi Cartwheel terbentuk sekitar 400 juta tahun yang lalu, sebagai akibat dari tabrakan berkecepatan tinggi. Webb menangkapnya dengan membentuk “transisi”, karena gambar alam semesta yang berjarak beberapa tahun cahaya menatap ke masa lalu, karena waktu yang diperlukan untuk mengakses dan merekamnya.

Galaksi spiral ini terdiri dari dua cincin, cincin bagian dalam yang lebih terang dan cincin luar yang berwarna-warni, menurut NASA. Di dalam roda terdapat pelek atau garis merah terang yang disebabkan oleh debu yang kaya akan hidrokarbon.

Jupiter

NASA dan Institut Sains Teleskop Luar Angkasa (STScI)

jaring Foto terbaru dirilis minggu ini Ini adalah gambar yang indah dari tetangga Bumi di tata surya.

Gabungan dari tiga filter, gambar Jupiter menunjukkan “kabut berputar-putar di sekitar kutub utara dan selatan” dari planet gas raksasa.

READ  Tonton barisan Naga Kru-3 SpaceX kembali ke Bumi dalam gambar yang menakjubkan

Ini juga menyoroti Bintik Merah Besar, badai yang begitu besar sehingga akan menelan Bumi, dalam pita putih besar di sekitar raksasa gas.

Emke de Pater, seorang profesor emeritus UC Berkeley yang ikut memimpin pengamatan Jupiter, mengatakan tim terkejut dengan detail planet.

“Kami tidak menyangka akan sebagus ini,” kata Butter dalam sebuah pernyataan di Blog NASA. “Sangat keren bahwa kita dapat melihat detail tentang Jupiter dengan cincinnya, bulan-bulan kecil, dan bahkan galaksi dalam satu gambar.”

Koleksi Galaxy SMACS 0723

NASA dan Institut Sains Teleskop Luar Angkasa (STScI)

Gambar ini tampak sedikit kabur, menakjubkan karena menunjukkan ribuan galaksi dalam kelompok yang jauh yang dikenal sebagai SMAX 0723.

Gambar ini, di antara gambar pertama yang dirilis Webb pada 12 Juli, adalah gambar medan dalam pertama dari teleskop.

Di tengah gambar adalah galaksi elips putih terang yang mengungguli yang lain, lengan runcingnya terentang ke lima arah. Dikelilingi oleh galaksi dari segala bentuk dan ukuran, itu membanjiri gambar dan menunjukkan betapa besar alam semesta.

Foto ini adalah tonggak sejarah, NASA menulis Pada bulan Juli, ia menunjukkan bagaimana Webb akan “memungkinkan peneliti masa depan untuk membuat katalog struktur galaksi yang sangat kecil di alam semesta awal, yang pada akhirnya dapat membentuk kembali pemahaman kita tentang bagaimana galaksi telah berubah dan berevolusi selama miliaran tahun.”