Desember 3, 2022

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

“Laser luar angkasa” memancarkan sinar langsung ke Bumi dari jarak 5 miliar tahun cahaya

"Laser luar angkasa" memancarkan sinar langsung ke Bumi dari jarak 5 miliar tahun cahaya

Para astronom telah menemukan laser ruang angkasa yang kuat yang dipancarkan dari galaksi yang jauh.

Sinar gelombang radio adalah apa yang oleh para ilmuwan disebut megamaser dan ini adalah yang terjauh hingga saat ini, muncul 5 miliar tahun cahaya dari Bumi.

Ditemukan oleh tim ilmuwan internasional menggunakan teleskop “MeerKAT” di Afrika Selatan, sebuah teleskop radio yang terdiri dari 64 antena.

Megamast adalah laser panjang gelombang radio yang terjadi secara alami yang dapat membantu menyinari tabrakan galaksi.

“Megazer bertindak seperti lampu berkedip yang mengatakan ‘Di sini galaksi bertabrakan yang membuat bintang baru dan memberi makan lubang hitam supermasif,'” kata rekan penulis studi Jeremy Darling, dari University of Colorado.

Ketika galaksi bergabung, gas yang dikandungnya menjadi sangat padat, menghasilkan sinyal radio khusus yang dikenal sebagai maser.

Megamaser adalah perangkat perawatan yang kuat yang dihasilkan dalam tabrakan galaksi besar, seperti balok dari suar kosmik.

Dalam makalah yang diterbitkan minggu lalu, Darling dan rekan-rekannya mengungkap penemuan maser raksasa paling jauh hingga saat ini.

Untuk mencerminkan status pemecahan rekornya, tim menamai laser ruang angkasa Nkalakatha – sebuah kata dari isiZulu yang berarti “pemimpin besar”.

“Nkalakatha adalah salah satu pencari ultrasound paling kuat yang dikenal di OH, dan itu adalah maser masif terbesar dari jenisnya yang pernah ditemukan, jadi itu benar-benar ‘bos besar’,” kata rekan penulis studi dan astronom Universitas Rutgers Andrew Baker.

“Kami berharap ini hanya yang pertama dari banyak OH [hydroxyl] megamaser untuk ditemukan saat proyek berlanjut.”

Pandangan umum dari sistem teleskop radio 64-piringan dapat dilihat selama upacara pembukaan resmi pada 13 Juli 2018 di Carnarvon.
AFP melalui Getty Images

Alih-alih memancarkan cahaya tampak, maser memancarkan panjang gelombang radio dan gelombang mikro yang diperkuat oleh kekuatan kosmik.

READ  Dokter "Holoported" NASA di Stasiun Luar Angkasa Internasional

Setelah tim membuktikan bahwa mereka memiliki Megazer di tangan mereka, mereka berangkat untuk mencari galaksi asalnya.

Mereka menemukan bahwa galaksi Nacalacatha berjarak sekitar tujuh miliar tahun cahaya dan memiliki ekor panjang di satu sisi, yang dapat dilihat dalam gelombang radio.

Cahaya dari megamaser dipancarkan sekitar lima miliar tahun yang lalu, ketika alam semesta hanya dua pertiga dari usianya sekarang.

Tujuan utama proyek MeerKAT adalah menggunakan pengamatan gas di galaksi jauh untuk membantu memahami bagaimana galaksi berevolusi selama sembilan miliar tahun terakhir.

Karena sinyal radio ini lemah, para peneliti bertujuan untuk mendapatkan ribuan jam pengamatan menggunakan MeerKAT untuk mendeteksinya.

Data dihancurkan oleh komputer canggih untuk membantu menemukan tanda-tanda objek jauh dan kuno yang menarik.

“Ada kemungkinan bahwa MeerKAT telah menggandakan jumlah fenomena langka yang diketahui ini,” kata Darling.

“Galaksi telah dianggap banyak bergabung di masa lalu, dan megafon raksasa yang baru ditemukan di OH akan memungkinkan kita untuk menguji hipotesis ini.”

Cerita ini awalnya muncul di atas matahari Itu direproduksi di sini dengan izin.