Juli 6, 2022

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Ketidakpastian kebijakan Indonesia menghalangi dimulainya kembali ekspor minyak sawit

Pada tanggal 26 April 2022, truk dengan tandan segar kelapa sawit berbaris di sebuah pabrik kelapa sawit di Kabupaten Siak, Provinsi Riau, Indonesia. Gambar diambil oleh drone pada 26 April 2022. REUTERS / Willy Kourniavan

Daftar sekarang untuk akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

  • Eksportir menunggu kejelasan aturan baru
  • Penerbitan izin berdasarkan “tugas pasar dalam negeri”
  • Pemerintah berusaha menurunkan harga minyak goreng
  • Petani senang bahwa larangan tersebut telah dicabut setelah kekeringan

JAKARTA, 23 Mei (Reuters) – Indonesia telah mengizinkan minyak sawit untuk melanjutkan ekspor mulai Senin setelah larangan tiga minggu, tetapi industri mengatakan ekspor tidak mungkin dilanjutkan sampai rincian tentang berapa banyak minyak goreng yang harus dibekukan untuk produksi dalam negeri. Menggunakan.

Indonesia, sumber 60% minyak sawit dunia, menghentikan ekspor minyak sawit mentah dan beberapa turunannya pada 28 April dalam upaya menurunkan harga minyak goreng lokal. Embargo itu mengguncang pasar minyak goreng global pada saat kekurangan pasokan yang disebabkan oleh perang di Ukraina.

Kementerian Perdagangan Indonesia mengeluarkan aturan pada hari Senin bahwa perusahaan harus mendapatkan izin ekspor, yang hanya dapat dikeluarkan untuk apa yang disebut kewajiban pasar domestik (DMO).

Daftar sekarang untuk akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

Peraturan tersebut tidak mengungkapkan apa yang akan dicakup oleh DMO, tetapi mengatakan izin tersebut akan berlaku selama enam bulan dan bahwa perusahaan akan diminta untuk melaporkan ekspor mereka setiap bulan.

Kebijakan DMO adalah bahwa produsen harus menjual sebagian produk mereka di dalam negeri dengan harga tertentu, yang digunakan sebagai sarana untuk mengamankan pasokan lokal sebelum larangan baru-baru ini, tetapi gagal mengendalikan harga minyak goreng.

READ  Panduan Referensi Penanggulangan Bencana - Indonesia (Desember 2021) - Indonesia

Presiden Joko Widodo mengumumkan pekan lalu bahwa larangan itu akan dicabut dan menyatakan keyakinannya bahwa total minyak goreng umumnya akan bergerak menuju target harga 14.000 rupee ($ 0,95) per liter. Baca selengkapnya

Indonesia berencana untuk menyimpan 10 juta ton pasokan minyak goreng di rumah di bawah aturan DMO, kata Kepala Menteri Perekonomian Airlangga Hartarto, menambahkan bahwa pelaksanaannya akan dikendalikan oleh Kementerian Perdagangan. Baca selengkapnya

Ekspor produk sawit Indonesia mulai 2019

Pedagang pada hari Senin mengatakan mereka sedang menunggu rincian aturan DMO.

“Vendor pada awalnya berusaha untuk mengurangi jumlah tunggakan karena blokade. Mereka juga menerima pesanan baru, tetapi permintaannya tidak besar,” kata dealer perusahaan perdagangan global yang berbasis di Mumbai.

“Mereka tidak tertarik untuk menjual banyak sebelum mereka memahami aturan DMO,” tambah pedagang itu.

Sumber mengatakan pemerintah pada hari Senin bertemu dengan pelaku industri yang dihadiri oleh Luhud Pandit, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.

Juru bicaranya mengatakan Luhud bekerja untuk memastikan pasokan dan distribusi minyak goreng di pulau Jawa dan Bali. Dia tidak mengungkapkan apa yang dibicarakan dalam pertemuan itu.

“Total minyak goreng itu untuk mencapai target harga yang ditargetkan pemerintah dan merata,” kata juru bicara Jodi Mahardi dalam keterangannya.

Pejabat senior Kementerian Perdagangan tidak segera menanggapi ketika dihubungi oleh Reuters untuk mencari perincian.

Ditanya apakah produsen minyak sawit Musim Mass telah melanjutkan ekspor, juru bicaranya Carolyn Lim mengatakan perusahaan masih “fokus mengisi pasar domestik dengan minyak goreng”.

Hingga Jumat, harga rata-rata minyak goreng total adalah Rs 17.000 per liter, menurut data dari Kementerian Perdagangan.

Beberapa petani menggelar protes di seluruh Indonesia minggu lalu mengutuk penurunan 70% harga buah sawit karena kilang berhenti menerima produk karena penyimpanan di Palmyra penuh.

READ  Siklon tropis Charlotte akan mempengaruhi cuaca Indonesia

“Tidak ada antrian panjang di pabrik kelapa sawit,” kata Irfan, seorang petani kelapa sawit, yang mengatakan harga buah sawit mulai stabil di daerahnya di Sulawesi Barat.

($ 1 = 14.666.000 rupee)

Daftar sekarang untuk akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

Laporan oleh Bernadette Christina Munde, Francisco Nangoi, Zahra Matarani di Jakarta dan Rajendra Jadhav di Mumbai; Diedit oleh Ed Davis, Muralikumar Anandaraman, Martin Betty

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.