Juni 22, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Kapsul SpaceX membawa kembali empat awak dari misi stasiun luar angkasa

Kapsul SpaceX membawa kembali empat awak dari misi stasiun luar angkasa

Empat anggota awak di atas kapsul SpaceX Crew Dragon jatuh di lepas pantai Teluk Florida pada hari Sabtu, kembali dengan selamat dari misi sains lima bulan ke Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Kapsul SpaceX, dijuluki Endurance, diterjunkan ke perairan lepas pantai Tampa tepat setelah pukul 21:00 EDT (0200 GMT) membawa dua astronot NASA, seorang astronot Jepang dan satu kosmonot Rusia setelah penerbangan hampir sembilan jam dari Orbital Research Laboratory. Tampilkan siaran web NASA-SpaceX.

Crew-5 meluncur dari Florida pada 6 Oktober untuk melakukan sains rutin di atas stasiun. Mereka termasuk astronot Anna Kikina, 38, yang menjadi orang Rusia pertama yang terbang dengan pesawat ruang angkasa AS dalam 20 tahun, dan Komandan Penerbangan NASA Nicole Onapu Mann, 45, wanita asli Amerika pertama yang dikirim ke orbit.

Juga ada pilot NASA Josh Kasada, 49, dan astronot Jepang Koichi Wakata, 59, seorang veteran dari empat penerbangan luar angkasa sebelumnya.

Pembaruan terbaru

Lihat 2 cerita lainnya

Lima awak NASA meninggalkan tempat awak mereka untuk diluncurkan dengan roket SpaceX Falcon 9 di Kennedy Space Center di Cape Canaveral, Florida, AS, 5 Oktober 2022. REUTERS/Steve Nesius

Pesawat ruang angkasa Crew Dragon, pod berbentuk permen karet yang dirancang untuk meluncurkan roket SpaceX’s Falcon 9, terlepas dari stasiun luar angkasa Sabtu pagi dan memasuki kembali atmosfer Bumi sekitar pukul 20:11 EDT (0111 malam EST).GMT pada hari Minggu), untuk menahan panas gesekan yang mengirimkan suhu di luar kapsul hingga 3.500 derajat Fahrenheit (1.930 derajat Celcius).

Dua set parasut dikerahkan untuk menahan turunnya kapsul hingga 15 mph (24 kph) tepat sebelum kecelakaan.

Misi tersebut adalah penerbangan berawak keenam SpaceX untuk NASA sejak pesawat ruang angkasa Crew Dragon pertama kali terbang pada Mei 2020, ketika pesawat itu mengambil peluncuran berawak dari tanah AS hampir satu dekade setelah AS mengandalkan program Soyuz Rusia untuk penerbangan stasiun luar angkasa.

READ  Para ilmuwan punya teori baru tentang apa yang menarik serangga ke cahaya

Kekina, satu-satunya wanita di korps kosmonot Rusia, adalah wanita Rusia pertama yang terbang dengan pesawat ruang angkasa AS di bawah perjanjian baru yang ditandatangani pada 2022 antara NASA dan Badan Antariksa Rusia untuk penerbangan bersama. Astronot NASA Frank Rubio, yang saat ini berada di stasiun tersebut, diluncurkan di sana dengan roket Soyuz pada bulan September.

(Laporan oleh Joey Roulette) Pelaporan tambahan oleh Gram Slattery; Diedit oleh Diane Craft dan Jamie Fried

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.