Juli 6, 2022

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Inggris mengonfirmasi rencana untuk membuat perubahan pada Protokol Irlandia Utara

Inggris mengonfirmasi rencana untuk membuat perubahan pada Protokol Irlandia Utara

Truss sebelumnya telah memperingatkan bahwa Inggris “tidak punya pilihan selain bertindak” jika anggota parlemen Uni Eropa tidak menunjukkan “fleksibilitas yang diperlukan” atas protokol tersebut.

Janine Schmitz | Teknologi Foto | Gambar Getty

Menteri Luar Negeri Inggris Liz Truss mengkonfirmasi pada hari Selasa bahwa pemerintah bermaksud untuk memperkenalkan undang-undang untuk membuat perubahan pada Protokol Irlandia Utara “dalam beberapa minggu mendatang”.

Protokol tersebut merupakan bagian dari perjanjian perdagangan pasca-Brexit yang mewajibkan pemeriksaan beberapa barang yang masuk ke Irlandia Utara dari bagian Inggris lainnya.

Komentar Truss kemungkinan akan memperburuk risiko pembalasan dari Brussel dan dapat memulai perang dagang dengan blok perdagangan terbesar di dunia.

“Kami lebih suka hasil yang dinegosiasikan dengan Uni Eropa dan kami telah bekerja tanpa lelah untuk tujuan itu dan akan terus melakukannya,” kata Truss di British House of Commons.

“Pemerintah jelas bahwa bergerak maju dengan RUU itu konsisten dengan kewajiban kami dalam hukum internasional dan mendukung komitmen kami sebelumnya dalam Perjanjian Belfast pada Jumat Agung,” kata Truss, dengan ejekan anggota parlemen oposisi.

Pengumuman ini datang tak lama setelah Perdana Menteri Boris Johnson Pembicaraan darurat diadakan di Belfast Dalam upaya untuk meredakan ketegangan di sekitar protokol.

Perjanjian tersebut mulai berlaku pada Januari tahun lalu karena kebutuhan untuk pengaturan perdagangan khusus setelah Inggris keluar dari Uni Eropa. Protokol ini dirancang untuk menghindari perlunya perbatasan keras antara Irlandia Utara dan Republik Irlandia, yang masih menjadi bagian dari blok tersebut.

Namun, ketentuan kesepakatan telah menyebabkan penundaan dan kenaikan harga karena barang yang tiba di Irlandia Utara memerlukan beberapa pemeriksaan.

Poundsterling Itu diperbaiki setelah pengumuman. Mata uang Inggris terakhir diperdagangkan pada $1,2487 pada Selasa sore, naik sekitar 1,4% selama sesi tersebut.

READ  Australia menginginkan "penyelidikan penuh" atas insiden laser China - Morrison

RUU ini sah

“Penghormatan terhadap supremasi hukum tertanam kuat di dalam hati Partai Konservatif, dan saya merasa luar biasa bahwa pemerintah Konservatif telah diingatkan akan hal ini,” kata Simon Hoare, anggota parlemen Konservatif dan ketua Komite Urusan Irlandia Utara.

Komentarnya muncul di tengah kekhawatiran tentang legalitas RUU yang bisa menjadi tidak efektif jika pemerintah dinilai melanggar hukum internasional.

Hoare meminta jaminan dari pemerintah Konservatif bahwa mereka bermaksud menghormati supremasi hukum melalui RUU yang diusulkan. Sebagai tanggapan, Truss mengatakan: “Hukum ini sah dalam hukum internasional dan kami akan menentukan posisi hukum pada waktunya.”

Irlandia Utara saat ini berada dalam krisis pembagian kekuasaan setelah partai serikat pekerja terbesar di provinsi itu memblokir pemilihan Ketua Parlemen di Stormont – secara efektif mencegah pembentukan eksekutif baru.

Partai Persatuan Demokratik, yang berada di urutan kedua setelah Sinn Fein dalam pemilihan 5 Mei, mengatakan anggota parlemen Inggris harus membatalkan protokol tersebut, dengan alasan bahwa perbatasan pabean telah dibuat di seberang Laut Irlandia dan ini merusak tempat Irlandia Utara di Inggris.

Uni Eropa telah mendesak Inggris untuk tidak mengambil tindakan sepihak untuk membatalkan bagian dari kesepakatan Brexit dengan Irlandia Utara, memperingatkan bahwa akan ada konsekuensi jika itu terjadi.

Johnson – terlepas dari negosiasi ulang dan penandatanganan Protokol Irlandia Utara – mengatakan “akan ada kebutuhan untuk bertindak” jika posisi UE tidak berubah.

“Entah mereka tidak memahami kesepakatan mereka sendiri, atau mereka tidak terbuka tentang fakta itu atau mereka berniat untuk melanggarnya selama ini,” kata Menteri Luar Negeri Buruh Bayangan Stephen Dottie di House of Commons.

Dia menambahkan, “Perdana Menteri merundingkan dan menandatangani kesepakatan ini dan melakukan kampanye pemilihan di atasnya, dan dia harus memikul tanggung jawab untuk itu dan membuatnya sukses.”

Analis di konsultan risiko politik Eurasia Group memperkirakan bahwa undang-undang yang memungkinkan pemerintah untuk secara sepihak melewati protokol akan memakan waktu setidaknya enam bulan untuk disetujui, mengutip penentangan terhadap tindakan tersebut di House of Lords, kamar kedua parlemen Inggris.

Perusahaan Irlandia Utara ‘sudah terhuyung-huyung’

Perdana Menteri Jerman Olaf Scholz meminta Inggris untuk menghindari tindakan sepihak pada protokol, sementara Perdana Menteri Belgia Alexandre de Croo mengatakan ketidakpatuhan Inggris dengan perjanjian akan menciptakan masalah besar bagi pasar internal UE.

Sementara itu, Amerika Serikat mendorong dialog antara Inggris dan Uni Eropa untuk menyelesaikan kebuntuan.

Mantan Perdana Menteri Inggris Theresa May telah memperingatkan bahwa penghapusan bagian dari protokol Inggris dapat merusak reputasi Inggris untuk mematuhi hukum internasional.

“Perusahaan sudah berjuang dengan meningkatnya biaya melakukan bisnis,” Angela McGowan, direktur Konfederasi Industri Inggris di Irlandia Utara, mengatakan dalam menanggapi pernyataan pemerintah Inggris.

Dia menambahkan, “Hal terakhir yang mereka inginkan adalah lebih banyak ketidakpastian dalam pengaturan perdagangan di tengah tantangan rantai pasokan global. Sekarang lebih dari sebelumnya, fleksibilitas dan kompromi diperlukan di kedua belah pihak untuk mencapai solusi perdagangan yang langgeng, memastikan perdamaian dan kemakmuran.”