Juni 23, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Indonesia mengizinkan kontraktor memiliki lebih dari 50% saham di blok minyak dan gas baru

Indonesia mengizinkan kontraktor memiliki lebih dari 50% saham di blok minyak dan gas baru

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral RI Aribin Tasrif berbicara pada Sydney Energy Forum pada 12 Juli 2022 di Sydney, Australia. Brooke Mitchell/Poole melalui REUTERS Dapatkan hak lisensi

JAKARTA, 21 September (Reuters) – Menteri Energi Indonesia mengatakan pada hari Kamis bahwa pemerintah telah memperbaiki peraturan minyak dan gas, memungkinkan pemerintah untuk memiliki lebih dari 50% saham di beberapa blok baru untuk menarik investasi.

Ketika investor global semakin beralih dari bahan bakar fosil, negara kepulauan ini ingin meningkatkan produksi dari cadangan gasnya yang kaya.

Menteri Energi Aribin Tasrif mengatakan 68 dari 128 cekungan hidrokarbon di Tanah Air belum sepenuhnya dieksplorasi.

“Pemerintah Indonesia berkomitmen untuk mempercepat pengembangan cadangan minyak dan gas yang belum dimanfaatkan,” ujarnya kepada peserta konferensi energi.

Arifin mengatakan ketentuan baru tersebut akan dikeluarkan pada lelang putaran ketiga tahun ini yang diumumkan pada Rabu.

“Pemerintah menawarkan lapangan kerja baru dengan syarat dan ketentuan yang sangat menarik, termasuk perbaikan pembagian bagi hasil antara pemerintah dan kontraktor, di mana kontraktor bisa mendapat bagian lebih dari 50%,” ujarnya.

Ia menambahkan, aturan baru tersebut akan berlaku baik untuk skema cost recovery maupun total split contract.

Pemerintah sedang dalam tahap akhir merevisi peraturan untuk meningkatkan kelayakan ekonomi proyek minyak dan gas di Indonesia, katanya, tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Ia mendesak perusahaan-perusahaan untuk berinvestasi dalam proyek Penangkapan dan Penyimpanan Karbon (CCS) dan Penangkapan, Pemanfaatan dan Penyimpanan Karbon (CCUS), yang diperlukan untuk melanjutkan investasi di sektor bahan bakar fosil.

Saat ini terdapat 15 proyek CCS/CCUS dalam berbagai tahap persiapan di Indonesia. Sebagian besar ditargetkan sudah onstream pada tahun 2030, kata Arifin.

READ  Mantan pejabat pajak Indonesia divonis 14 tahun penjara karena korupsi dan pencucian uang - BeritaBenar

Laporan oleh Francisca Nango; Penyuntingan oleh Martin Petty dan Jamie Freed

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.

Dapatkan hak lisensiMembuka tab baru