Juli 5, 2022

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Indonesia mengambil inisiatif untuk mempromosikan pertumbuhan sektor swasta dan perdagangan bilateral Ghana

Pemerintah Indonesia telah meluncurkan inisiatif yang bertujuan untuk mendorong pertumbuhan sektor swasta Ghana untuk meningkatkan perdagangan bilateral antara kedua negara.

Sebagai bagian dari inisiatif ini, negara Asia akan menyediakan mesin, dukungan teknis dan keahlian di bidang pertanian, industri dan eksplorasi minyak untuk tentara di sektor swasta.

Nota Kesepahaman akan ditandatangani antara investor dan industrialis melalui KBRI Afrika Barat yang berkantor pusat di Lagos, Nigeria.

Kedutaan Besar Kehormatan Indonesia di Ghana memimpin delegasi untuk menjajaki peluang di sektor pertanian di Distrik Tongu Tengah di Wilayah Volta dan bermitra dengan petani yang teridentifikasi untuk mempromosikan agribisnis.

DCE, Thomas Moore Sonira, menginformasikan tentang berbagai sumber daya dan potensi pertanian di distrik tersebut dan meyakinkan legislatif dukungan maksimal untuk start-up, termasuk membantu investor memperoleh lahan pertanian.

Setelah rombongan memberikan penghormatan kepada DCE, Mafi Anfoe mengunjungi beberapa peternakan terpilih di enclave.

Sayangnya, di tengah perjalanan, Duta Besar RI untuk Afrika Barat, Dr. Rombongan yang terdiri dari Uzra Hendra Harahab dan beberapa investor itu senang membawa petani dengan gerobak ke pasar untuk hasil panen mereka.

Salah satu kendaraan perakitan terjebak di area berlumpur jalan akses, dan beberapa upaya anggota tim untuk mengeluarkan kendaraan dari lumpur tidak berhasil.

Pascal Royce, Duta Besar Kehormatan Republik Indonesia di Ghana, menyatakan penyesalannya atas situasi tersebut, tetapi berharap kemitraan publik-swasta akan membantu mengatasi tantangan jalan yang buruk.

Akhirnya delegasi pergi ke pertanian Cemerlang Green Farm and Foods, yang memiliki lebih dari 100 hektar perkebunan kelapa.

Singkong, pepaya dan sayuran juga ditanam dalam skala besar bersama dengan ternak.

Direktur pelaksana pendiri, Curtis-Shine Apodaka, mengatakan saat ini dia mengolah 1.200 hektar lahan pertanian dan mengekspor keripik singkong, tepung singkong, dan shea butter olahan.

READ  Saatnya menandatangani PTA awal dengan Indonesia

Dia mengimbau agar dana tersedia bagi investor untuk memperluas input, teknologi dan kemitraan yang diperlukan dan meningkatkan hasil.

Emmanuel Tette Amlalo, CEO Kaisi Farms, mengatakan perusahaan membudidayakan 100 hektar kebun sawit.

Dia menyatakan niatnya untuk mengekspor produk akhir, minyak sawit, tetapi menyesalkan kurangnya mesin untuk menambah nilai produksi sawit.

Abdullah Badeh, seorang senator dan mantan gubernur Aceh, Indonesia yang merupakan investor di bisnis agribisnis, berjanji akan memberikan keahlian dan logistik sebagai bagian dari perjanjian joint venture dengan kedua peternakan.

HE Pascal Royce menjelaskan bahwa tujuan KBRI adalah di luar agribisnis. Dia menyebutkan pendidikan, infrastruktur, sosial budaya, penelitian minyak dan gas di Ghana sebagai sektor yang akan memperkenalkan investor ke industri.

Duta Besar Indonesia untuk Afrika Barat Dr. Uzra Hendra Harahab berharap kemitraan ini akan mendorong pertumbuhan industri dan meningkatkan perdagangan antara kedua negara.

Kedua petani dan investor akan menandatangani nota kesepahaman untuk memperkuat kemitraan mereka, yang diharapkan petani akan meningkatkan agribisnis mereka.