Oktober 1, 2023

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Indonesia melakukan ekspor pertama ke UEA berdasarkan IUAE-CEPA

Indonesia melakukan ekspor pertama ke UEA berdasarkan IUAE-CEPA

JAKARTA (ANTARA) – Indonesia telah melakukan pengiriman ekspor perdana ke Uni Emirat Arab (UEA) berdasarkan Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-UEA (IUAE-CEPA).

Pengiriman pertama melibatkan perhiasan emas yang menargetkan tiga pembeli di Dubai. Permata senilai US$6,98 juta itu tiba di Dubai pada hari Jumat, kata KBRI Abu Dhabi dalam siaran persnya, Sabtu.

“Ini pertanda baik… Saya yakin peningkatan ekspor Indonesia ke UEA dapat menarik lebih banyak investasi ke Indonesia di masa depan,” kata Hussin Bagis, Duta Besar Indonesia untuk UEA.

Penerapan IUAE-CEPA yang berlaku efektif mulai 1 September 2023 akan memberikan manfaat bagi Indonesia karena UEA telah menghapuskan dan menurunkan tarif bea masuk.

Produk Indonesia yang bebas bea antara lain perhiasan, produk kertas, minyak sawit, sabun, kendaraan bermotor, mentega, produk besi dan baja, peralatan listrik dan elektronik, pulp kayu, ban kendaraan, alas kaki, baterai, tekstil, batu bara. , dan cengkeh.

IUAE-CEPA merupakan perjanjian ekonomi bilateral pertama antara Indonesia dan negara anggota Gulf Cooperation Council (GCC). Negosiasi kesepakatan itu dengan cepat selesai dalam waktu sekitar sembilan bulan.

Perjanjian tersebut diharapkan dapat meningkatkan total nilai perdagangan kedua negara hingga lebih dari 10 miliar dolar AS dalam waktu tiga tahun.

Perjanjian IUAE-CEPA mencakup perdagangan barang, perdagangan jasa, investasi, hak kekayaan intelektual, ekonomi Islam, asal barang, prosedur kepabeanan dan fasilitasi perdagangan, kerja sama ekonomi, pengadaan barang dan jasa pemerintah, usaha kecil dan menengah, perdagangan digital. , serta ketentuan hukum dan masalah kelembagaan.

Berita terkait: Indonesia dan UEA membentuk komite bersama untuk memantau perkembangan IUAE-CEPA
Berita terkait: VP Amin berharap IUAE-CEPA akan diratifikasi sebelum KTT G20