Juli 5, 2022

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Indonesia masuk final Piala AFF setelah kemenangan dramatis di babak perpanjangan waktu atas Singapura

Singapura. Indonesia melaju ke final Piala Suzuki Konfederasi Sepak Bola ASEAN (AFF) dengan dua gol dalam perpanjangan waktu melawan delapan pemain Singapura di semifinal yang mendebarkan di Stadion Nasional pada Hari Natal.

Indonesia maju lebih awal, tetapi tertinggal di sebagian besar babak kedua, dengan tuan rumah sudah dikurangi menjadi sembilan orang.

Sementara itu, Singapura menyia-nyiakan peluang leg kedua untuk memenangkan semifinal di waktu reguler karena permainan brilian kiper Indonesia Nadio Arquinada gagal mengeksekusi penalti menit terakhir oleh Faris Rumley 2-2.

Pelatih Indonesia Shin Tae-yong menyimpulkan permainan itu sebagai langkah cepat dari “neraka ke surga”.

Indonesia belum pernah memenangkan Piala AFF pada tahun 1996 meskipun telah mencapai final lima kali sebelum turnamen saat ini.

Di final keenam mereka, Indonesia akan menghadapi pemenang lain yang menentukan antara Thailand dan Vietnam, dengan mantan tim sudah memimpin 2-0 di leg pertama.

Semua pertandingan dimainkan dalam format yang dimodifikasi di Singapura karena wabah Kovit-19, dan tidak ada keunggulan gol jika kedua leg berakhir imbang.

Setelah bermain imbang 1-1 di leg pertama, kedua tim menampilkan sepak bola ofensif sesaat setelah kickoff, dan gol Ezra Valian di menit ke-11 membuat penonton memimpin.

Pada jeda babak pertama, Singapura kembali mendapat pukulan ketika Safuan Baharuddin mendapat kartu kuning kedua, sementara Chang Yi-yang mencetak gol, gagal menggagalkan tendangan bebas defensif Indonesia yang menggairahkan.

Irfan Fondi juga menerima kartu merah karena melakukan pelanggaran terhadap Irfan Jaya saat tuan rumah dikurangi menjadi sembilan pada awal babak kedua, tetapi entah bagaimana berhasil memimpin pada menit ke-74 menyusul tendangan bebas yang luar biasa oleh Shahdan Suleiman.

READ  Anak harimau sumatera kembar di Kebun Binatang Dallas dinamai menurut nama para konservasionis yang bekerja di Indonesia

Pratama Arhan menyamakan kedudukan sekali tiga menit sebelum waktu normal, dan kiper Nadeo menukik ke kiri dan menggagalkan penalti Faris di menit-menit terakhir, yang berarti pertandingan harus dilanjutkan ke perpanjangan waktu.

Setelah Irfan Jaya melepaskan tembakan dari jarak dekat di menit pertama perpanjangan waktu, penonton langsung memimpin dan AG Maulana memastikan kemenangan dengan gol luar biasa lainnya.

Kiper Hassan Sunny menjadi tuan rumah ketiga yang mendapat kartu merah karena melakukan pelanggaran di luar kotaknya pada babak kedua perpanjangan waktu.

“Kedua tim berjuang sangat keras dan kami pergi dari surga ke neraka dalam pertandingan itu,” kata pelatih Shin Tae-yong seperti dikutip situs web AFF tak lama setelah pertandingan.

“Kami adalah tim yang relatif muda dan kami perlu belajar bagaimana bermain dengan tenang ketika kami memiliki keuntungan, jadi kami harus mencoba untuk bergerak maju dari sini,” tambah kurir itu.