November 30, 2021

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Indonesia: Mandalika memberi kehidupan baru pada ambisi Djokovic

Jakarta, 20 November (Jakarta Post/ANN): Impian Presiden Joko Widodo membangun pusat-pusat wisata di luar Bali tampaknya menuai keuntungan dari mimpi besar Jokowi.

Pada 12 November, ia meresmikan Sirkuit Mandalay di Nusa Tenggara Barat (NTB) di Lombok Tengah, yang memicu harapan dan kegembiraan, terutama di kalangan warga, dalam upaya memulihkan pariwisata dari dampak epidemi Kovit-19.

Putaran balap internasional kedua Indonesia diharapkan dapat memberikan kehidupan baru bagi perekonomian lokal, sekaligus merupakan inti dari rencana Djokovic untuk mengubah negara ini menjadi ajang olahraga internasional yang besar.

Tempat baru telah dipilih sebagai trek balap terakhir untuk Kejuaraan Dunia Superbike MOTUL FIM (WorldSBK) selama akhir pekan, yang dapat menarik hingga 30.000 orang ke acara global Resort Island.

“Peristiwa besar terus berlangsung setiap tahun di sirkuit Mandalay, yang pasti akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi NTB,” janji presiden saat membuka sirkuit pekan lalu.

Mandalika akan menjadi tuan rumah Kejuaraan MotoGP pada Maret tahun depan, menyusul penundaan yang disebabkan oleh pembatasan Pemerintah-19.

Indonesia sebelumnya menyelenggarakan acara MotoGP dan Superbike di Sirkuit Internasional Sentul di Pokor, Jawa Barat pada 1990-an, tetapi operasi di sana terhenti akibat krisis keuangan Asia pada 1990-an.

Yang pertama dari beberapa acara olahraga internasional besar Indonesia setelah Asian Games 2018, kedua acara tersebut dapat membantu mengurangi pukulan atas kekalahan kota Australia, Brisbane, dalam lelang Olimpiade 2032.

Foto udara yang diambil pada 23 Februari 2019 ini memperlihatkan rencana pengembangan Pantai Mandalay, lokasi Kejuaraan Motorbike MotoGP 2022 di Mandalay, Lombok selatan. – AFP

Stimulasi ekonomi

Ni Ketut Wolini, Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) cabang NTB, mengatakan bahwa meskipun ada Kovit-19, kedua acara olahraga tersebut sudah membawa ekspos yang sangat dibutuhkan ke wilayah tersebut.

READ  Gubernur Bank Indonesia uraikan 5 tantangan ekonomi global tahun depan

Untuk ajang WorldSBK saja, PHRI cabang setempat telah menyiapkan sedikitnya 16.800 kamar hotel di 1.300 hotel. Acara besar pertama di sirkuit ini diperkirakan menarik sekitar 30.000 pengunjung – yang berarti bahwa di lingkungan yang lebih baik, permintaan akomodasi akan lebih besar daripada distribusinya.

Samsul Bahri, presiden Asosiasi Hotel Mandalika, mengatakan acara WorldSBK diharapkan dapat menciptakan 8.000 pekerjaan baru bagi penduduk setempat jika dihitung sesuai dengan persyaratan MotoGP 2022.

“Pembangunan infrastruktur KEK Mandalika akan menciptakan 5.800 lapangan kerja pada tahun 2029. [hospitality] Pada 2039, industri akan membutuhkan 21.219 tenaga kerja,” kata Samsul.

Azril Azahari, Presiden Ikatan Cendekiawan Pariwisata Indonesia (ICPI), mengatakan pengembangan pariwisata di NTB harus fokus tidak hanya menguntungkan investor tetapi juga masyarakat lokal.

Awal tahun ini, sebuah laporan oleh pakar hak asasi manusia PBB mengkritik proyek Mandalika, dengan mengatakan proyek itu telah mencabut komunitas lokal dan suku, menjadikan penduduk setempat ancaman dan intimidasi, dan mengusir mereka secara paksa dari tanah mereka tanpa kompensasi.

Terlepas dari tantangan yang dihadapi daerah, Gubernur NTB Zulkiflimansya mengatakan penyelenggaraan acara WSBK dan MotoGP di Mandalay adalah kesempatan yang baik untuk menghidupkan kembali industri pariwisata lokal.

“Semuanya tentang peninjauan dan peningkatan berkelanjutan. Ajang WorldSBK akan menjadi langkah awal dalam mentransformasikan Mandalay menjadi hub ekonomi baru,” kata gubernur pekan ini.

“Sekarang tugas kita adalah memastikan kita menjadi tamu yang baik bagi para tamu yang datang.”

Sirkuit Mandalay terletak di lahan seluas 133 hektar di KIK Mandalay, selatan Pulau Lombok, dan merupakan bagian dari program pembangunan ekonomi yang disponsori pemerintah senilai $ 3 miliar, dari mana $ 1 miliar telah dialokasikan untuk membangun arena pacuan kuda. .

READ  Indonesia mundur dengan Australia atas pembakaran kapal penangkap ikan

Rute sepanjang 4,31 kilometer memiliki 17 sudut, menampilkan berbagai lokasi wisata Mandalay, dan dapat melayani 150.000 pengunjung, dengan lebih dari 50.000 kursi dan dibagi di antara area pandang lainnya.