Mei 20, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Indonesia dan UEA membentuk komite bersama untuk memantau perkembangan IUAE-CEPA

Indonesia dan UEA membentuk komite bersama untuk memantau perkembangan IUAE-CEPA

JAKARTA (ANTARA) – Menteri Perdagangan Zulkifli Hassan mengatakan kementeriannya telah membentuk komite bersama untuk membahas perkembangan Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Uni Emirat Arab (IUAE-CEPA).

“Kami yakin UEA akan menjadi hub (ekspor Indonesia) untuk masuk ke Timur Tengah, seperti Arab Saudi dan negara-negara Timur Tengah lainnya. Untuk melaksanakan hal tersebut, kami telah membentuk komite bersama untuk terus membahas sejauh mana hal tersebut dapat dilakukan. pergi. Oke,” kata Hassan pada hari Minggu.

Dalam konferensi pers pertemuan Dewan Masyarakat Ekonomi ASEAN (AECC) ke-23 di Jakarta, Indonesia dan Uni Emirat Arab menandatangani IUAE-CEBA pada tahun 2022.

Pemerintah Indonesia telah mengeluarkan peraturan turunan mengenai teknologi IUAE-CEPA, seperti peraturan Kementerian Keuangan, Perdagangan dan Industri, tambah Hasan.

Dalam pertemuannya dengan Menteri Luar Negeri UEA Thani Bin Ahmad Al Siodi, Hassan mengatakan pihaknya mendorong dilaksanakannya perundingan perdagangan antara pelaku usaha Indonesia dan UEA untuk semakin memperkuat kerja sama perdagangan kedua negara.

“Kami berharap kedua belah pihak memiliki misi dagang, dan kami baru saja mengunjungi Uni Emirat Arab,” jelasnya.

Dalam pertemuan tersebut, Hasan mengatakan Indonesia mendukung UEA sebagai tuan rumah Konferensi Tingkat Menteri Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) ke-13 yang akan diselenggarakan di Abu Dhabi pada 26-29 Februari 2024.

Hasan juga menjelaskan Kementerian Perdagangan RI telah bertemu dengan para pelaku usaha terkait fasilitasi perdagangan digital di ASEAN.

“Semuanya akan disederhanakan. ASEAN akan menjadi salah satu pemimpin (di kawasan) dalam hal perdagangan, investasi, dan jasa. Kita akan paperless untuk bersaing dengan negara lain,” ujarnya.

Berita terkait: Indonesia punya peluang pasar terbaik di Asia Tenggara: Menteri
Berita terkait: Perusahaan IKN yang berbasis di UEA menunjukkan minat pada investasi energi ramah lingkungan

READ  Indonesia akan menjadi tuan rumah pertandingan uji coba menjelang Piala Dunia FIBA

Diterjemahkan oleh: Bayu S, Kenzu
Penulis: Rahmat Nasushan
Hak Cipta © ANTARA 2023