Februari 26, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Indonesia berjanji untuk terus mendukung negara Palestina, dan mendesak PBB untuk ‘menjalankan apa yang dikatakan’

Indonesia berjanji untuk terus mendukung negara Palestina, dan mendesak PBB untuk ‘menjalankan apa yang dikatakan’

New Delhi: Hubungan antara Arab Saudi dan India telah mencapai tingkat keterlibatan yang belum pernah terjadi sebelumnya, setelah banyaknya perjanjian kerja sama yang ditandatangani selama kunjungan putra mahkota Saudi baru-baru ini, kata seorang pejabat kementerian luar negeri India kepada Arab News.

Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman melakukan kunjungan kenegaraan ke India setelah menghadiri KTT G20 di New Delhi awal bulan ini.

Ini adalah kunjungan resmi keduanya ke New Delhi, setelah kunjungan pada bulan Februari 2019, di mana hubungan Saudi-India mulai menunjukkan tingkat keterlibatan yang baru. Pada bulan Oktober tahun itu, Perdana Menteri India Narendra Modi tiba di Riyadh, di mana kedua negara sepakat untuk membentuk Dewan Kemitraan Strategis untuk mengarahkan hubungan bilateral.

Pertemuan pertama Dewan diadakan pada tanggal 11 September dan dipimpin bersama oleh kedua pemimpin, dan perjanjian-perjanjian penting terkait energi telah ditandatangani, termasuk kerja sama di bidang energi terbarukan, dan sebuah nota kemitraan dalam digitalisasi dan manufaktur elektronik, investasi, dan perbankan. , upaya anti korupsi dan desalinasi air laut.

Lusinan perjanjian bilateral mengenai kewirausahaan, bahan kimia, dan manufaktur maju ditandatangani pada Forum Investasi Saudi-India setelah kunjungan Putra Mahkota.

“Kita harus memberikan penghargaan kepada Putra Mahkota dan Perdana Menteri kita Modi karena membawa hubungan ini ke tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya,” Dr. Ausab Saeed, sekretaris yang bertanggung jawab atas wilayah Teluk di Kementerian Luar Negeri India, mengatakan kepada Arab News. Wawancara baru-baru ini.

Saeed, yang menghabiskan 10 tahun di Arab Saudi dan menjabat sebagai duta besar New Delhi di Riyadh dan sebelumnya sebagai konsul jenderal di Jeddah, telah mengamati selama bertahun-tahun bagaimana negara tersebut menavigasi posisinya sebagai “pemain besar” di seluruh wilayah. Asia Barat, dan “kekuatan geopolitik.”

READ  Elessent Clean Technologies membuka kantor di Indonesia

Beliau melihat potensi yang signifikan bagi India untuk berkontribusi terhadap rencana transformasi Visi Kerajaan 2030 dan mega proyek yang sedang berjalan seperti NEOM Smart City yang bernilai miliaran dolar.

“Ada banyak cara untuk berkontribusi di India,” katanya. “Ada banyak perusahaan India dengan keahlian teknis dan pengakuan internasional yang berperan dalam semua proyek di sana dalam membangun kota seperti Neom.”

Ia memperkirakan setidaknya ada 2.700 perusahaan India yang terdaftar di Kementerian Investasi Saudi. Investasi India di kerajaan tersebut telah mencapai $2,15 miliar, dan investor khususnya tertarik pada sektor farmasi, hidrogen ramah lingkungan, energi terbarukan, teknologi informasi, dan keamanan siber.

“Perdana Menteri telah berdiskusi dengan Putra Mahkota tentang kemungkinan jembatan start-up. India memiliki salah satu ekosistem startup terbesar di dunia. Pada saat yang sama, Arab Saudi telah menciptakan ekosistemnya sendiri yang sangat baik untuk mendukung startup,” kata Saeed.

“Meski kami merupakan mitra strategis, masih banyak inisiatif baru yang bermunculan. Masih banyak peluang yang belum tereksploitasi secara maksimal.”