Desember 3, 2022

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Indonesia akan membantu memperluas perdagangan

Islamabad:

Indonesia dapat berperan penting dalam mendorong peluang ekonomi dan perdagangan bagi Pakistan karena dapat memberikan akses ke pasar Islamabad Southeast Asian Nations (ASEAN), kata Duta Besar Indonesia Adam Mulvarman Tukio.

Berbicara pada konferensi pers nasional pada hari Jumat, duta besar mengatakan perjanjian perdagangan bebas (FTA) telah ditandatangani antara Indonesia dan ASEAN, yang akan membantu mempromosikan perdagangan Pakistan dengan kawasan melalui Indonesia.

Dia menambahkan bahwa anggota ASEAN, negara-negara Asia-Pasifik, Australia dan Selandia Baru telah dimasukkan dalam FDA, yang telah memberi Pakistan kesempatan untuk mendapatkan keuntungan dari pasar negara-negara berkembang tersebut.

“Saat ini, regionalisme sedang meningkat di dunia perdagangan dan ASEAN adalah salah satu pusat perdagangan terbesar, penting bagi perdagangan global,” katanya.

“Abad ini adalah abad kawasan Asia dan negara-negara berkembang Asia dapat menciptakan peluang perdagangan dan ekonomi besar-besaran bagi dunia.”

Duta Besar menyarankan bahwa ekonomi seperti Pakistan harus diintegrasikan ke dalam rantai pasokan global untuk menuai keuntungan dari perdagangan internasional.

“China memainkan peran utama dalam rantai pasokan global dan dengan bergandengan tangan, negara-negara dapat menggunakan sebagian besar perdagangan dunia.”

Dia mencatat bahwa Pakistan dan Indonesia memiliki pasar terintegrasi sekitar 500 juta orang dan perlu menggunakan semua peluang yang tersedia untuk saling menguntungkan.

Berdasarkan Panggilan untuk membuka jalan bagi kemitraan Pak-ASEAN

Tukio mengatakan volume perdagangan antara negara-negara ASEAN, termasuk Pakistan dan Indonesia, tidak sesuai dengan potensi sebenarnya.

“Diperlukan upaya lebih lanjut untuk mengidentifikasi sektor-sektor yang tidak terpakai di ASEAN dan Pakistan,” katanya. Ada banyak peluang di pasar global untuk sektor tekstil dan produk pertanian Pakistan.

Dia ingat bahwa Pakistan dan Indonesia telah menandatangani perjanjian perdagangan prioritas, menambahkan bahwa kedua negara hampir menandatangani perjanjian perdagangan bebas untuk lebih membendung perdagangan bilateral.

READ  Pencarian Pelabuhan Cerdas Indonesia: Seberapa Jauh Bisa? - Departemen Pendidikan

Ia mencontohkan, Pakistan dan Indonesia memiliki peluang yang cukup luas untuk bekerja sama di bidang pariwisata.

“Media dapat memainkan peran kunci dalam memperkuat hubungan antara Pakistan dan Indonesia, dan serangkaian diskusi akan dimulai dengan Dewan Pers Nasional,” katanya.

Menanggapi pertanyaan tersebut, Dubes mengatakan bahwa sejumlah besar mahasiswa Pakistan belajar di universitas Indonesia dan kebanyakan dari mereka adalah penerima beasiswa.

“Indonesia telah memberikan banyak beasiswa asing kepada mahasiswa Pakistan tahun ini dan kedua negara harus lebih meningkatkan kerjasama di bidang pendidikan,” tegasnya.

Membandingkan kedua tempat tersebut, kata dia, kedua negara tersebut memiliki kesamaan dalam makanan dan budaya.

Dukio mengatakan bulan lalu bahwa komunitas bisnis Pakistan harus memainkan perannya dalam mempromosikan perdagangan dan investasi di pasar ASEAN seperti Indonesia.

Berbicara kepada perwakilan Kamar Dagang dan Industri Rawalpindi (RCCI), ia menunjukkan bahwa ada banyak peluang bagi komunitas bisnis Pakistan di pasar $ 1 triliun di Indonesia.

“Kedua negara memiliki potensi besar untuk kerjasama di berbagai bidang, termasuk pariwisata, perdagangan, e-commerce, tekstil, mobil, farmasi dan keamanan.”

Duta Besar menunjukkan bahwa Indonesia memiliki budaya pariwisata dan perhotelan yang kaya dan bahwa pemerintahnya berusaha untuk mendapatkan hanya 10% dari pendapatan nasional tahunannya dari sektor ini, tetapi karena gelombang Pemerintah-19, tujuan itu belum tercapai.

“Ada banyak cara untuk melakukan perjalanan dari Pakistan ke Indonesia,” katanya dan mencatat bahwa Bali dan pulau-pulau lainnya memiliki tempat yang menonjol di dunia pariwisata.

Diterbitkan pada 26 Maret di The Express TribuneTh2022.

Suka Bisnis di Facebook, Mengikuti RibTribuneBiz Tetap terinformasi di Twitter dan bergabunglah dalam percakapan.