November 27, 2022

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

India mencari jalur investasi langsung ke Indonesia

Jakarta. Seorang duta besar mengatakan pada hari Selasa bahwa India berharap untuk mengeksplorasi potensi ekonomi yang kurang dimanfaatkan dari hubungannya dengan Indonesia dengan melakukan investasi langsung tanpa saluran negara ketiga.

Kedua negara telah mengintensifkan hubungan bilateral sejak kunjungan Presiden Joko Widodo pada Desember 2016 dan KTT ASEAN-India pada Januari 2018 dan kunjungan Perdana Menteri Narendra Modi ke Jakarta pada Mei 2018.

Kedua negara telah menetapkan target ambisius untuk meningkatkan perdagangan bilateral menjadi $ 50 miliar per tahun, tetapi kemudian epidemi Pemerintah-19 melanda.

“Namun, sulit untuk melewatkan potensi antara kedua negara kita. Banyak yang telah terjadi [since Modi’s visit]. Beberapa hal yang perlu diingat adalah perdagangan bilateral kita mencapai hampir $20 miliar sesaat sebelum Kovit datang pada 2019,” kata Manoj Kumar Bharti, Duta Besar India untuk Indonesia pada peluncuran buku hubungan Indonesia-India di Jakarta. .

“Jika melihat investasi sekarang – investasi India dalam 20 tahun terakhir hampir $ 1,5 miliar, tetapi kenyataannya investasi yang dilakukan dari India sekitar $ 54 miliar,” katanya.

Manoj mengatakan perdagangan bilateral sebagian besar menguntungkan Indonesia dalam beberapa tahun terakhir.

Dia tidak merinci, tetapi menekankan bahwa kedua negara harus melakukan sesuatu untuk “menyeimbangkan hal-hal ini” dan bergerak di luar Singapura dalam hal investasi.

“Apa yang bisa kita lakukan untuk mencegah investasi ini dikirim langsung dari India ke Indonesia melalui Singapura?” dia berkata.

Manoj, yang menjabat di Jakarta pada Januari, mengatakan India dan Indonesia perlu meningkatkan kepercayaan pada kemampuan masing-masing untuk memungkinkan bisnis dan investasi besar.

Setelah pertukaran kunjungan antara kedua pemimpin, dia mengatakan bisnis Indonesia dan India “perlu membangun apa yang telah kita lakukan dan menangkap semangat empat tahun terakhir.”

READ  Seberapa penting big data bagi kebijakan publik di Indonesia - Academia

“Itu hanya menjadi perhatian kami saat itu. GMR telah mendapat persetujuan dari pemerintah Indonesia untuk membangun bandara kelas dunia di Medan,” kata Manoj kepada GMR, pengembang bandara yang berbasis di India.

“Ini adalah awal yang luar biasa, tanda yang luar biasa bahwa pemerintah Indonesia meningkatkan kepercayaannya pada kemampuan India. Kita harus membangun ini.”

India juga menawarkan beras Indonesia dengan “harga yang jauh lebih masuk akal” daripada yang diterimanya dari Australia, dan Indonesia menawarkan beras yang lebih murah daripada “pembelian Indonesia” dari Thailand.