Juni 21, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Gerhana matahari total: di mana dan kapan harus menonton serta apa yang harus diperhatikan

Gerhana matahari total: di mana dan kapan harus menonton serta apa yang harus diperhatikan

Catatan Editor: Ikuti pembaruan langsung CNN untuk Gerhana matahari total.



CNN

Hari itu akhirnya tiba. Hanya dalam beberapa jam, A Gerhana matahari total Ini akan menciptakan tontonan surgawi saat melintasi sebagian Meksiko, Amerika Serikat dan Kanada.

Diperkirakan 32 juta orang di seluruh Amerika Serikat tinggal di jalur totalitas, atau lokasi di mana Bulan akan menutupi seluruh wajah Matahari dari pandangan selama beberapa saat.

Gerhana akan muncul untuk pertama kalinya Melewati Samudra Pasifik Selatan dan memulai perjalanannya melintasi Amerika Utara. Pesisir Pasifik Meksiko adalah titik totalitas pertama pada jalur tersebut, diperkirakan terjadi pada pukul 11:07 PT (14:07 ET), dan gerhana diperkirakan akan berakhir di pantai Atlantik Newfoundland pada pukul 17:16 waktu setempat (15.07). :46 sore ET). Periksa untuk melihat seperti apa gerhana itu Kapan itu akan muncul di wilayah Anda menggunakan peta kami?.

Mereka yang berada di sepanjang garis tengah jalan akan melihat gerhana yang berlangsung antara 3,5 dan 4 menit, menurut situs Verge. NASA.

Di Amerika Serikat, gerhana matahari total akan terlihat oleh penduduk Texas, Oklahoma, Arkansas, Missouri, Illinois, Kentucky, Indiana, Ohio, Pennsylvania, New York, Vermont, New Hampshire dan Maine, meskipun cuaca mengancam akan merusaknya. seru. beberapa.

Hanya beberapa awan terisolasi yang diperkirakan akan muncul di Vermont melalui Maine, serta di Missouri melalui Indiana selatan, memberikan pemandangan gerhana yang sempurna. Namun, Anda mungkin melihat banyak wilayah Texas dan Great Lakes Timur Cuacanya kurang ideal.

Kerumunan orang sudah melampaui ekspektasi di kota kecil Houlton, Maine.

“Kami benar-benar tidak berani berharap cuaca seperti ini akan terjadi, dan langit sudah biru dan kerumunan sudah mulai terbentuk, padahal ini baru pukul 06.15 pagi,” Gene Torres, direktur eksekutif Greater Houlton Kamar Dagang, kepada CNN pagi ini. “Ini adalah hal terbesar yang pernah kami lihat.”

READ  Bethesda mendapatkan kepala studio baru sebagai bagian dari perubahan Microsoft

Michael Zeller / GreatAmericanEclipse.com

Gerhana matahari sebagian, di mana bulan tampak “menggigit” matahari berbentuk bulan sabit, akan terlihat oleh mereka yang berada di luar jalur gerhana total.

Ingat itu Dapatkan sepasang kacamata gerhana bersertifikat atau penampil matahari Untuk mengamati langit dengan aman; Tidaklah aman untuk melihat fase gerhana apa pun, kecuali ketika Bulan benar-benar menghalangi sinar matahari, tanpa pelindung mata yang memadai. Kacamata hitam, atau beberapa pasang kacamata hitam, tidak akan cukup. Risiko terbesar saat melihat matahari tanpa filter gelap kacamata gerhana atau proyektor surya adalah kerusakan mata permanen yang disebut Retinopati surya. Kondisi ini dapat membaik atau memburuk seiring berjalannya waktu, namun tidak dapat disembuhkan.

Apakah Anda khawatir kacamata gerhana Anda mungkin palsu? di sana Cara mudah untuk menguji masalah ini. Jika kacamata gerhana Anda tidak aman, atau Anda khawatir anak-anak akan melepas kacamatanya, Buatlah proyektor lubang jarum sederhana Untuk bergabung dengan buzz gerhana.

Meskipun gerhana matahari total dianggap sebagai bagian paling menarik dari gerhana matahari total, ada bagian lainnya Tahapan khusus yang harus diawasi Sebelum momen besar itu tiba.

Selain minggu-minggu dan bulan-bulan menjelang gerhana, fase peristiwa terlama adalah gerhana sebagian, yaitu gerhana Bulan yang bergerak perlahan melintasi Matahari. Tahap ini bisa berlangsung dari 70 hingga 80 menit.

Namun sinyal bagus bagi pemirsa adalah ketika langit mulai berubah warna menjadi abu-abu menakutkan, sekitar 15 hingga 20 menit sebelum gerhana total.

Kemudian, beberapa tahapan terjadi secara berurutan sebelum sinar matahari benar-benar hilang dari pandangan.

Perhatikan tetesan sinar matahari yang terbentuk di sekitar Bulan, yang dikenal sebagai butiran Bailey, saat sinar matahari mengalir melewati kawah dan lembah di permukaan Bulan. Setelah sekitar 30 detik hingga satu menit, beberapa tetesan ini akan tampak menyatu, menciptakan efek “cincin berlian” yang berkilau. Sekitar satu menit kemudian, Bulan akan tampak bergerak sepenuhnya di depan Matahari, dan hanya lingkaran cahaya putih yang akan muncul saat gerhana total dimulai.

Cahaya terang tersebut berasal dari korona Matahari, atau atmosfer luar yang panas, dan cahaya redupnya hanya dapat terlihat jika permukaan Matahari yang sangat terang tertutup. Para astronom tertarik mempelajari corona dengan sejumlah eksperimen, antara lain: Pesawat penelitian ketinggian tinggiUntuk lebih memahami struktur rumit di dalamnya dan mengapa korona jutaan derajat lebih panas daripada permukaan Matahari.

Meskipun peristiwa utamanya adalah totalitas, beberapa titik cahaya juga dapat dilihat di langit dekat gerhana, milik Jupiter, Venus, Mars, dan cahaya redup dari Saturnus.

NASA/JPL-Caltech

Carilah titik cahaya yang mewakili planet-planet yang terlihat di langit saat gerhana.

“Komet Setan” yang bertanduk, atau Komet 12P/Pons-Brooks, akan melakukan hal itu Kemungkinan besar terlalu redup untuk dilihat tanpa teleskop atau teropong – Namun gerhana adalah momen penting yang harus diwaspadai pada hari Senin Bagaimanapun, menurut para astronom.

Selama kegelapan sesaat akibat gerhana total, beberapa hewan mungkin terdiam di siang hari, sementara makhluk nokturnal seperti jangkrik mungkin mulai berkicau dan bergerak. Para ilmuwan sangat ingin mempelajari apa yang menyebabkan hewan berperilaku tidak biasa pada saat gerhana singkat, dan mengapa hal ini terjadi Masyarakat diajak untuk berpartisipasi Dalam beberapa penelitian yang dilakukan pada hari Senin.

READ  Pembaruan Samsung Galaxy A71 Android 13 (One UI 5.0) kini tersedia!

Suhu setempat diperkirakan akan turun sebentar selama beberapa momen gerhana total tersebut.

Efek cincin berlian akan terlihat di sisi jauh bulan seiring berakhirnya gerhana total, disusul manik Bailey, kemudian gerhana sebagian seiring berakhirnya kesejajaran sementara matahari, bulan, dan bumi yang disebut konjungsi.

Berlangganan CNN Buletin Teori Keajaiban Ilmiah. Jelajahi alam semesta dengan berita tentang penemuan menarik, kemajuan ilmiah, dan banyak lagi.

Setelah gerhana matahari total berakhir, masih ada penantian penampakan langit berikutnya di Amerika Serikat.

Mereka yang tinggal di Alaska akan dapat melihat sekilas gerhana matahari total pada tanggal 30 Maret 2033, dan gerhana matahari sebagian akan menyinari sebagian besar wilayah Amerika Serikat selama peristiwa tersebut.

Gerhana matahari total tidak akan terlihat lagi di wilayah Amerika Serikat yang berdekatan hingga tanggal 22 Agustus 2044, namun gerhana matahari total hanya akan terjadi di Dakota Utara dan Montana, serta Kanada bagian utara.

Namun, gerhana matahari total berikutnya dengan jalur pantai-ke-pantai yang mencakup 48 negara bagian terbawah akan terjadi pada 12 Agustus 2045. Jalur gerhana matahari total akan melintasi California, Nevada, Utah, Colorado, Kansas, Oklahoma, Arkansas, dan Mississippi. . Alabama dan Florida, dengan gerhana sebagian terlihat di negara bagian lain.

Jangan lewatkan kisah gerhana dan luar angkasa yang akan datang! Ikuti topik astronomi Lihat cerita terbaru di feed hasil personalisasi Anda dengan akun gratis Anda.