Juli 18, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Fosil mengungkap predator ‘tampak jahat’ yang menjelajahi bumi sebelum dinosaurus

Fosil mengungkap predator ‘tampak jahat’ yang menjelajahi bumi sebelum dinosaurus

Fosil berusia 265 juta tahun yang ditemukan di Amerika Selatan memberikan wawasan baru mengenai spesies predator besar yang berkeliaran di bumi jauh sebelum dinosaurus muncul.

Spesies ini disebut “Pampaphoneus biccai”. Menurut siaran pers Dari Departemen Biologi Organisme dan Evolusi di Universitas Harvard. Makhluk-makhluk ini “mengambil alih” Amerika Selatan 40 juta tahun sebelum dinosaurus menjelajahi planet ini. Menurut siaran pers dan Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Zoological Journal of the Linnean Societypara peneliti dari seluruh dunia telah menemukan koleksi fosil makhluk ini yang berumur 265 juta tahun yang “terawetkan dengan sangat baik”.

Spesies fosil tersebut ditemukan di São Gabriel, daerah pedesaan di Brasil selatan. Fosil tersebut mencakup “tengkorak lengkap dan beberapa tulang”, menurut siaran pers, termasuk tulang rusuk dan lengan. Ahli paleontologi dari Laboratorium Paleontologi Universitas Federal Pampa dan Universitas Federal Rio Grande do Sul membutuhkan waktu satu bulan untuk mengumpulkan fosil tersebut. Para peneliti kemudian menghabiskan tiga tahun untuk membersihkan dan mempelajari tengkorak tersebut.

Peneliti di lokasi penggalian. / Kredit: Foto oleh Felipe Pinheiro

“Hewan ini adalah binatang yang tampak aneh, dan pasti menimbulkan rasa takut yang kuat terhadap apa pun yang melintasi jalurnya,” kata rekan penulis studi Stephanie Pierce, seorang profesor di Departemen Biologi Evolusioner Harvard. Di Museum Zoologi Komparatif sekolah. “Penemuan ini adalah kunci untuk memberikan gambaran sekilas tentang struktur komunitas ekosistem darat sebelum terjadinya kepunahan massal terbesar yang pernah terjadi. Sebuah penemuan menakjubkan yang menunjukkan pentingnya catatan fosil Brasil secara global.”

Pampaphoneus biccai merupakan bagian dari clade atau kelompok makhluk yang memiliki nenek moyang yang sama. Ada empat cabang utama dari periode keberadaan makhluk-makhluk ini, dan mereka adalah bagian dari klade Deinocephalian, yang memiliki tulang tengkorak tebal dan merupakan hewan darat besar yang ditemukan di Afrika Selatan dan Rusia. Para peneliti mengatakan bahwa Pampaphoneus bccai adalah satu-satunya spesies dinosaurus yang diketahui berasal dari Brazil. Para peneliti memperkirakan Pampaphoneus biccai bisa mencapai panjang hampir tiga meter dan berat sekitar 400 kilogram, atau lebih dari 880 pon.

READ  Kilonova baru membuat para astronom memikirkan kembali apa yang kita ketahui tentang semburan sinar gamma
Tengkorak spesimen Pampaphoneus biccai baru.  / Kredit: Foto oleh Felipe Pinheiro

Tengkorak spesimen Pampaphoneus biccai baru. / Kredit: Foto oleh Felipe Pinheiro

Ini merupakan tengkorak kedua yang ditemukan di Amerika Selatan, menurut siaran pers. Tengkorak yang baru ditemukan ini berukuran lebih besar dari yang pertama dan memberikan para peneliti “informasi yang belum pernah ada sebelumnya tentang bentuknya karena pelestarian tulangnya yang luar biasa.”

“Pampaphonus memainkan peran ekologis yang sama dengan kucing besar modern,” kata ketua peneliti Felipe Pinheiro, kepala laboratorium dan profesor di Universitas Federal Pampa. “Ia adalah predator darat terbesar yang kita ketahui dari periode Permian di Amerika Selatan. Hewan ini memiliki gading yang besar dan tajam yang disesuaikan untuk menangkap mangsa. Giginya dan struktur tengkoraknya menunjukkan bahwa gigitannya cukup kuat untuk mengunyah tulang, seperti banyak hewan modern.” Siang hyena.”

Buronan pembunuh Danilo Cavalcanti ditangkap oleh polisi di Pennsylvania

CBS Mornings Deals menawarkan diskon ekstra eksklusif minggu ini, dengan diskon produk setidaknya 40%.

Graham Norton tentang novel barunya, “Forever Home”