Oktober 2, 2022

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Dua titik besar di mantel bumi membingungkan para ilmuwan dengan sifat-sifatnya yang menakjubkan

Blob in Earth’s Mantle

Tampilan 3D titik di mantel bumi di bawah Afrika, ditampilkan dalam warna merah, kuning, dan oranye. Cyan mewakili batas mantel utama, biru menunjukkan permukaan, dan abu-abu transparan menunjukkan benua. Kredit: Mingming Li / ASU

Bumi berlapis seperti bawang, dengan kerak luar yang tipis, mantel yang tebal dan lengket, inti luar yang cair, dan inti dalam yang padat. Di dalam mantel, ada dua struktur besar seperti titik, kira-kira di kedua sisi planet ini. Titik-titik tersebut, yang secara resmi disebut sebagai Large Low Speed ​​​​Provinces (LLSVPs), masing-masing seukuran benua dan 100 kali lebih tinggi dari Gunung Everest. Satu terletak di bawah benua Afrika, yang lain di bawah Samudra Pasifik.

Dengan menggunakan instrumen yang mengukur gelombang seismik, para ilmuwan mengetahui bahwa kedua gumpalan ini memiliki bentuk dan struktur yang kompleks, tetapi terlepas dari fitur-fiturnya yang menonjol, sedikit yang diketahui tentang mengapa gumpalan itu ada atau apa yang menyebabkan bentuknya yang aneh.

Ilmuwan ASU Qian Yuan dan Mingming Li dari College of Earth and Space Exploration berangkat untuk mempelajari lebih lanjut tentang dua titik ini menggunakan pemodelan geodinamika dan analisis studi seismik yang dipublikasikan. Melalui penelitian mereka, mereka dapat menentukan ketinggian maksimum yang dicapai gumpalan dan bagaimana ukuran dan kepadatan gumpalan, serta viskositas di sekitar mantel, dapat mengontrol ketinggiannya. Penelitian mereka baru-baru ini diterbitkan di DOI: 10.1038/s41561-022-00908-3

READ  Keluarga saya mengunjungi kota di mana ponsel tidak diperbolehkan. Kurangnya pelayanan membuat saya menjadi ayah yang lebih hadir.