Januari 28, 2023

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Asteroid 2023 BU akan melintasi Bumi dalam salah satu pertemuan terdekat yang pernah ada asteroid

Sebuah asteroid seukuran truk pengiriman akan melewati Bumi dalam salah satu pertemuan terdekat yang pernah tercatat — dalam jarak sepersepuluh dari jarak orbit sebagian besar satelit komunikasi.

NASA mengatakan asteroid yang baru ditemukan itu akan melewati 2.200 mil (3.600 km) di atas ujung selatan Amerika Selatan pada Kamis pukul 19:27 EDT (Jumat pukul 12.27 GMT).

NASA mengatakan itu akan menjadi nyaris tanpa peluang menabrak Bumi. Bahkan jika terlalu dekat, para ilmuwan mengatakan sebagian besar akan terbakar di atmosfer, dengan potongan yang lebih besar mungkin jatuh sebagai meteor.

Pengembangnya, David Farnocchia, seorang insinyur di Jet Propulsion Laboratory di Pasadena, California, mengatakan sistem penilaian risiko dampak NASA, yang disebut Scout, dengan cepat mengesampingkan serangan.

“Tetapi meskipun sangat sedikit pengamatan, dia dapat memprediksi bahwa asteroid itu akan datang sangat dekat dengan Bumi,” kata Farnocchia. “Faktanya, ini adalah salah satu pendekatan terdekat yang pernah dicatat oleh NEO terkenal.”

Asteroid, yang dikenal sebagai 2023 BU, ditemukan pada hari Sabtu dan diyakini berukuran antara 11 kaki (3,5 meter) dan 28 kaki (8,5 meter).

Ini pertama kali ditemukan oleh astronom amatir yang sama di Krimea, Gennady Borisov, yang menemukan komet antarbintang pada 2019. Dalam beberapa hari, lusinan pengamatan dilakukan oleh para astronom di seluruh dunia, memungkinkan mereka untuk mengoptimalkan lintasan asteroid.

Lintasan ini akan diubah secara drastis oleh gravitasi bumi saat melintas. Alih-alih mengorbit matahari setiap 359 hari, ia akan masuk ke orbit elips yang akan berlangsung selama 425 hari, menurut NASA.

Dengan Associated Press

READ  Tanaman yang tumbuh di tanah bulan dari misi Apollo