April 23, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Apakah Tesla akan mengurangi kepemilikannya di Indonesia? Belum, kata Menteri Tinggi – BeritaBenar

Apakah Tesla akan mengurangi kepemilikannya di Indonesia?  Belum, kata Menteri Tinggi – BeritaBenar

Pembantu utama presiden Indonesia telah menurunkan harapan bahwa pembuat mobil listrik AS Tesla akan bergerak maju untuk berinvestasi dalam kegiatan manufaktur di ekonomi terbesar di Asia Tenggara.

Menteri Kelautan dan Investasi Indonesia Luhd Pontijaitan dianggap sebagai salah satu pembantu paling terpercaya Presiden Joko Widodo, dan pekan lalu seorang anggota kabinet mengatakan Tesla – orang terkaya di dunia – setuju untuk membangun. Pabrik kendaraan listrik di Jawa Tengah.

Luhut mengatakan awal pekan ini bahwa belum ada kesepakatan resmi yang dicapai dan bahwa rakyat Indonesia harus “bersabar”.

“Membuat keputusan investasi tidak semudah menjentikkan jari. Ini adalah proses yang panjang dan memakan waktu. Juga, ini adalah nilai investasi yang besar. Jadi kita harus bersabar,” katanya kepada wartawan.

“Tapi yang perlu diingat ini masih dalam negosiasi, jadi sekali lagi, semua orang harus bersabar.”

Ketika Tesla mengumumkan pada 19 Mei bahwa mereka telah setuju untuk berinvestasi dalam produksi baterai dan kendaraan listrik di Indonesia, mudah untuk memahami antusiasme yang tak terkendali dari rekan Luhut, Menteri Investasi Bahl Lahadalia.

“Tapi saya masih belum bisa mengumumkan bulannya. Kami akan menunggu, karena kami belum menandatangani kontrak. Berapa investasi yang masih dirahasiakan, masih menunggu. Tapi itu hal yang bagus, hal yang besar,” kata Pahlil saat itu.

Djokovic dan Elon Musk, Pendiri dan CEO Tesla, menumpulkan pengumuman informal hanya beberapa hari setelah mereka difoto untuk waktu yang lama terbiasa dengan badan antariksa Musk, SpaceX, di situs peluncuran roket di Texas.

Djokovic tiba di Muscat dalam perjalanannya ke Jakarta sehari setelah menghadiri KTT AS-ASEAN di Washington. Musk baru sejak dia membeli Twitter-nya seharga $44 miliar.

READ  Larangan Indonesia terhadap minyak sawit memperburuk krisis pangan global

Berkali-kali sang jutawan mengenakan kaus oblong hitam, sedangkan presiden Indonesia mengenakan jubah putih, dan lengan baju digulung hingga siku.

Kemudian, Djokovic mengatakan dia dan Musk berbicara tentang “teknologi dan inovasi.”

Musk, pada bagiannya, mengatakan dia “diintensifkan” oleh antusiasme Indonesia.

“Kami akan melihat secara hati-hati dari sudut pandang Tesla dan SpaceX untuk melakukan beberapa kemitraan di Indonesia,” katanya dalam video yang beredar online setelah pertemuan.

Sementara itu, kantor Djokovic melaporkan bahwa Musk berencana untuk melakukan perjalanan ke Indonesia pada November, bulan yang sama ketika negara Asia Tenggara itu menjadi tuan rumah KTT G-20.

Luhut mengakui minggu ini bahwa “tim Tesla bergerak sangat cepat.”

“Mereka tiba di Indonesia awal bulan ini, mengunjungi beberapa pabrik pengolahan nikel, dan kami merespon dengan cepat untuk menunjukkan keseriusan dan dukungan kami,” kata Luhud.

India vs Indonesia

Selain itu, meski Indonesia telah memikat Musk selama beberapa tahun, bukan rahasia lagi bahwa pendiri Tesla itu juga mencari pasar yang lebih besar dari China.

Jakarta telah berusaha untuk memikat Tesla selama bertahun-tahun untuk mengambil keuntungan dari fakta bahwa itu adalah produsen nikel terbesar di dunia, komponen penting dari baterai kendaraan listrik (EV).

Pada tahun 2019, Indonesia merilis peta jalan untuk mengubah negara ini menjadi pusat manufaktur regional untuk kendaraan listrik dan lingkungannya, termasuk pemrosesan nikel dan baterai serta produksi EV. Jakarta juga menargetkan seperlima dari semua mobil yang diproduksi di Indonesia pada tahun 2025 sebagai kendaraan listrik.

Untuk bagiannya, “Kasturi mengharapkan negara berkembang dengan regulasi yang lebih sedikit, [lower] Pajak impor dan infrastruktur yang baik,” kata Yayan Satyakthi, ekonom Universitas Budgetjaran Bandung.

READ  Kapal tanker refloats Indonesia masuk daftar hitam AS

“Elon Musk dapat melihat Indonesia sebagai negara dengan pertumbuhan ekonomi dengan energi dan peluang yang lebih baik,” kata Yoyan kepada Benarnews.

Indonesia dianggap lebih menarik daripada India atau Brasil, berkat reformasi ramah investasi menyusul apa yang disebut Undang-Undang Penciptaan Lapangan Kerja.

Yayan mengatakan Musk tidak melihat China sebagai pasar yang menguntungkan bagi Tesla, karena sudah menjadi rumah bagi pembuat mobil yang memproduksi kendaraan listrik.

Tekanan pemerintah China pada Tesla telah mendorong perusahaan untuk mencari di tempat lain untuk rantai pasokan dan pasar baru, katanya.

Namun, Mohammed Noor Uniardo, seorang insinyur yang meneliti kendaraan listrik, mengatakan Indonesia belum siap untuk mendirikan Tesla Gigafactory. Gigafactory mengacu pada bagaimana pabrik Tesla diperdagangkan.

“Saya kira belum siap, apalagi dengan komponen produksi lokal,” ujarnya kepada CNBC Indonesia.

Prototipe kapal luar angkasa difilmkan pada 22 Mei 2022 di situs peluncuran SpaceX South Texas di Brownsville, Texas, AS. [Reuters]

Tempat peluncuran roket Papua

Sementara itu, Indonesia telah menawarkan perusahaan Musk lainnya, SpaceX, untuk membangun landasan peluncuran untuk program luar angkasanya di pulau Piaget di provinsi Papua.

Proposal untuk situs peluncuran SpaceX di Pulau Piaget di lepas pantai utara Papua dikritik oleh penduduk setempat, meskipun tidak jelas apakah Musk menganggapnya serius.

Hingga saat ini, belum ada konfirmasi mengenai rencana investasi SpaceX di Indonesia untuk peluncuran roket,” kata Erna Sri Adiningsih Benarnews, direktur pelaksana Badan Antariksa Indonesia (INASA), kepada PTI.

Erna mengatakan SpaceX pernah mempertimbangkan untuk membangun landasan pendaratan dan peluncuran roket angkut antarbenua di Indonesia.

“Tapi belum ada tindak lanjut yang pasti,” katanya.

Tineke Rumkabu, seorang aktivis yang mengadvokasi korban pelanggaran hak asasi manusia yang telah melanda pemberontakan separatis di Papua selama beberapa dekade, mengatakan orang Biak telah bersumpah untuk menentang rencana untuk membangun situs peluncuran roket di sana.

READ  Menhub tegaskan komitmen Indonesia dalam penerbangan ramah lingkungan

“Kami telah berada di tanah ini sepanjang hidup kami. Kami akan melindungi tanah kami,” kata Dineke kepada Benarnews.

“Bagaimana masa depan anak-anak kita?” Dia berkata.

“Beri anak-anak sekolah untuk menggarap tanah mereka.”