November 30, 2021

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Analisis: Garuda adalah tahun kehidupan paling berbahaya di Indonesia

Sebuah langkah oleh Belita Air Service, anak perusahaan dari perusahaan minyak dan gas milik negara Indonesia Bertamina, dapat menyebabkan perubahan yang signifikan dalam industri penerbangan komersial Indonesia dalam operasi penumpang yang direncanakan.

Pasar pelancong Indonesia sebagian besar didominasi oleh dua kelompok, Garuda Indonesia dan Lion, yang menghadapi masalah keuangan akibat epidemi.

Garuda mencatatkan rugi bersih USD2,4 miliar pada 2020, dibandingkan laba USD6,9 juta pada 2019.

Maskapai nasional, termasuk Citling, telah mengumumkan bahwa mereka akan mengurangi 135 pesawat dari 212 menjadi 36% sebagai bagian dari restrukturisasi perusahaan yang lebih luas untuk mencegah kerugiannya.

Pada semester I tahun ini, Garuda mencatat rugi bersih US$ 902 juta, dengan kewajiban melebihi US$ 4,7 miliar per 30 Juni.

Laporan keuangan publik Garuda menunjukkan utang sebesar Rp 7,56 triliun (US$ 538 juta) kepada Bertamina per 30 September tahun lalu.

Bertamina, pemasok avtur di Indonesia, mengumumkan pada akhir tahun lalu bahwa mereka telah setuju untuk mengizinkan Garuda untuk merestrukturisasi utangnya dengan memperpanjang jangka waktu pembayaran.

Siaran Pers Pertamina Gestur perusahaan migas itu didesain sedemikian rupa sehingga satu BUMN bisa membantu BUMN lainnya.

Tapi sekarang Belita telah mengungkapkan bahwa mereka berencana untuk masuk ke kegiatan penumpang yang direncanakan – untuk mengisi kekosongan yang ditinggalkan oleh Garuda dan singa volume rendah – tampaknya Bertamina telah sampai pada kesimpulan bahwa lebih baik berinvestasi di Belita daripada berinvestasi di Garuda. .

Sementara itu, pemerintah, menghadapi tantangan keuangannya sendiri, harus mengurangi dana talangan multi-miliar dolar, secara signifikan mengurangi utang dan meningkatkan neraca.

Tidak mungkin pemerintah membiarkan kolapsnya Garuda karena akan menyerahkan pasar sepenuhnya kepada maskapai swasta Lion.

READ  Informasi Gempa: Light Mac. Gempa 4.4 - Laut Banda, Indonesia, 97 km sebelah utara Las Pallos, Municio de Lautem, Timor-Leste, Minggu, 14 November 2021 11:02 (GMT +9)

Pemerintah berjanji akan terbuka bagi pemain ketiga yang masuk ke pasar, khususnya di Indonesia, untuk meningkatkan konektivitas udara regional, yang merupakan negara kepulauan yang luas dengan 17.000 pulau.

Jika Belida bisa mendapatkan persetujuan regulasi untuk aktivitas penumpang terjadwal dan menjual operasinya dengan cepat, maka Belida akan menjadi pemain penting di pasar.

Ada beberapa integrasi antara bisnis penerbangan dan bisnis minyak dan gas. Bahan bakar adalah 30-40% dari basis biaya maskapai penerbangan.

Artikel Terkait: Belita Air dari Indonesia berencana untuk memperluas penerbangan yang direncanakan menggunakan Airbus A320 (14 Oktober 2021).

Kontroversi Nordic Aviation Capital dan Garuda Indonesia Meningkat (11 Februari 2021)

Kredit Gambar: Carol L. pemanah