April 24, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Waktu lunar standar? NASA akan membuat sistem referensi waktu yang berpusat pada bulan | NASA

Waktu lunar standar?  NASA akan membuat sistem referensi waktu yang berpusat pada bulan |  NASA

Gedung Putih ingin NASA mengetahui cara mengetahui waktu di bulan.

A catatan Sebuah surat yang dikirim pada hari Selasa dari kepala Kantor Kebijakan Sains dan Teknologi AS (OSTP) meminta badan antariksa tersebut untuk bekerja sama dengan lembaga-lembaga AS dan internasional lainnya untuk menciptakan sistem referensi waktu yang berpusat di Bulan. NASA memiliki waktu hingga akhir tahun 2026 untuk mengatur apa yang disebut Waktu Terkoordinasi Bulan (LTC).

Ini bukanlah zona waktu seperti di Bumi, namun kerangka acuan waktu bulan yang lengkap. Karena gravitasi yang lebih rendah di Bulan, waktu bergerak sedikit lebih cepat – 58,7 mikrodetik setiap hari – dibandingkan di Bumi. LTC antara lain akan memberikan standar ketepatan waktu untuk pesawat ruang angkasa dan satelit bulan yang memerlukan ketelitian ekstrim untuk misinya.

“Jam atom di Bulan akan berdetak dengan kecepatan yang berbeda dibandingkan jam di Bumi,” kata Kevin Coggins, kepala komunikasi dan navigasi NASA. “Masuk akal jika Anda pergi ke benda lain, seperti Bulan atau Mars, masing-masing benda tersebut memiliki detak jantungnya sendiri.”

NASA berencana mengirim misi astronot ke permukaan bulan mulai September 2026 melalui program Artemis, yang pada akhirnya juga akan menciptakan pangkalan ilmiah di bulan yang dapat membantu membuka jalan bagi misi masa depan ke Mars. Lusinan perusahaan, pesawat ruang angkasa, dan negara berpartisipasi dalam upaya ini.

Seorang pejabat OSTP mengatakan kepada Reuters bahwa tanpa standar terpadu untuk waktu bulan, akan sulit untuk memastikan bahwa transfer data antar pesawat ruang angkasa aman dan komunikasi antara Bumi, satelit bulan, pangkalan, dan astronot tersinkronisasi.

Pejabat itu mengatakan perbedaan waktu juga dapat menyebabkan kesalahan dalam pemetaan dan penentuan posisi di atau mengorbit bulan.

READ  Fisikawan ini lebih memilih teori gravitasi baru

Pejabat tersebut berkata: “Bayangkan jika dunia tidak menyinkronkan jamnya dengan waktu yang sama, betapa menjengkelkannya hal ini dan betapa sulitnya urusan sehari-hari.”

Jam dan zona waktu di Bumi berjalan dalam Waktu Universal Terkoordinasi (UTC), yang diakui secara internasional. Ia bergantung pada jaringan jam atom global yang luas yang ditempatkan di berbagai lokasi di seluruh dunia. Ini mengukur perubahan keadaan atom dan menghasilkan rata-rata yang pada akhirnya membentuk waktu tertentu.

Mengembangkan LTC membutuhkan penempatan jam atom di bulan.

Menentukan bagaimana menerapkan LTC akan memerlukan perjanjian internasional melalui “badan standar yang ada” dan di antara 36 negara yang telah menandatangani perjanjian yang disebut Perjanjian Artemis yang mencakup bagaimana negara harus berperilaku di luar angkasa dan di bulan, kata memo itu. Tiongkok dan Rusia, pesaing utama Amerika Serikat di bidang luar angkasa, belum menandatangani Perjanjian Artemis.

Waktu Universal Terkoordinasi dapat mempengaruhi penerapan LTC, kata pejabat itu. Persatuan Telekomunikasi Internasional Perserikatan Bangsa-Bangsa menetapkan Waktu Universal Terkoordinasi sebagai standar internasional.

Stasiun Luar Angkasa Internasional, yang berada di orbit rendah Bumi, akan terus menggunakan Waktu Universal Terkoordinasi. Namun di mana ruang-waktu baru dimulai adalah sesuatu yang harus dipikirkan oleh NASA. Bahkan waktu Bumi bertambah cepat dan melambat, memerlukan detik kabisat.

Berbeda dengan Bumi, Bulan tidak memiliki waktu musim panas, kata Coggins.