Februari 26, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Para ilmuwan telah menemukan sisa-sisa benua Argoland yang hilang

Para ilmuwan telah menemukan sisa-sisa benua Argoland yang hilang

Dalam banyak hal, Bumi adalah sebuah teka-teki yang selalu berubah, dan para ahli mengabdikan seluruh karir mereka untuk mencari potongan-potongan tersebut.

Kini, tim tersebut berada di Universitas Utrecht di Belanda Saya melakukan hal itu – Identifikasi bagian benua yang telah lama membingungkan komunitas ilmiah.

Ahli geologi mengetahui bahwa Argoland, daratan sepanjang 5.000 kilometer, terpisah dari Australia Barat sekitar 155 juta tahun yang lalu.

Masalahnya adalah tidak ada yang tahu kemana dia pergi.

Kunci untuk memecahkan misteri ini terletak pada “kekosongan” besar yang ditinggalkan benua itu: sebuah cekungan yang tersembunyi di kedalaman lautan yang dikenal sebagai Dataran Argo Abyssal.

Struktur dasar laut menunjukkan bahwa Argoland pasti telah melayang ke barat laut dan berakhir di pulau-pulau di Asia Tenggara saat ini.

Namun yang mengejutkan, tidak ditemukan benua besar yang tersembunyi di bawah pulau-pulau tersebut, melainkan hanya sisa-sisa pecahan benua kecil yang dikelilingi oleh cekungan lautan yang jauh lebih tua.

Jadi para peneliti di Universitas Utrecht mulai mengumpulkan apa yang terjadi dengan tanah yang hilang tersebut.

Pulau Argopelago berakhir di tempat kepulauan Asia Tenggara sekarang beradaiStock

di dalam jumpa persTim menjelaskan bahwa benua “hilang” lainnya, yang ditemukan pada tahun 2019, telah jatuh ke dalam mantel bumi, hanya menyisakan lapisan atasnya. Ini kemudian terlipat membentuk pegunungan di Eropa selatan.

Namun, anehnya Argoland tidak meninggalkan sisa-sisa “terlipat” tersebut.

Ahli geologi de van Hinsbergen menjelaskan: “Jika benua dapat tenggelam ke dalam mantel dan menghilang sepenuhnya, tanpa meninggalkan jejak geologis di permukaan Bumi, kita tidak akan tahu seperti apa Bumi di masa lalu secara geologis.” , salah satu rekan penulis studi tersebut.

READ  Analisis fosil baru mengungkapkan dinosaurus dengan leher 50 kaki

“Hampir mustahil untuk menciptakan rekonstruksi yang dapat diandalkan mengenai bekas benua super dan geografi Bumi di masa lalu.”

Van Hinsbergen kemudian menekankan bahwa rekonstruksi ini “penting untuk memahami proses seperti evolusi keanekaragaman hayati dan iklim, atau untuk menemukan bahan mentah.”

Pada tingkat yang lebih mendasar, “untuk memahami bagaimana pegunungan terbentuk atau mengetahui kekuatan pendorong di balik lempeng tektonik; “Dua fenomena yang berkaitan erat.”

Van Hinsbergen dan rekannya Eldert Advocaat memutuskan untuk menyelidiki apa yang diungkapkan geologi Asia Tenggara tentang nasib Argoland.

“Tetapi kami benar-benar berurusan dengan pulau-pulau informasi, itulah sebabnya penelitian kami memakan waktu lama,” tambahnya. “Kami menghabiskan tujuh tahun untuk menyusun teka-teki itu.”

Argoland terpecah menjadi beberapa bagian yang penulis sebut ArgopelagoPenatua L. Advocaat, DJ Van Hinsbergen

Ia kemudian menunjukkan bahwa “situasi di Asia Tenggara sangat berbeda dengan tempat-tempat seperti Afrika dan Amerika Selatan, di mana benua itu terbagi menjadi dua bagian.”

“Argoland terpecah menjadi banyak bagian yang berbeda. Hal ini menghambat visi kami tentang perjalanan benua tersebut,” jelasnya.

Pada titik ini, van Hinsbergen dan Advocaat menyadari bahwa pecahan tersebut telah mencapai lokasinya saat ini pada waktu yang hampir bersamaan – mengungkap fakta yang sebelumnya tidak diketahui namun penting tentang Argoland.

Ia tidak pernah merupakan satu benua yang jelas, melainkan sebuah “argopelago” yang terdiri dari pecahan-pecahan benua kecil yang dipisahkan oleh cekungan samudra kuno.

Dengan cara ini, ia menyerupai Adria Besar (sekarang hampir seluruhnya ditelan oleh tutupan lahan), atau Selandiabenua yang sebagian besar tenggelam di sebelah timur Australia.

“Perpecahan Argoland dimulai sekitar 300 juta tahun yang lalu,” simpul van Hinsbergen.

READ  Kita sekarang tahu mengapa jet lubang hitam memancarkan radiasi energi tinggi

Kini, pecahan kunonya terletak jauh di dalam hutan hijau Indonesia dan Myanmar.

berlangganan Untuk buletin mingguan Indy100 gratis kami

Bagikan pendapat Anda di berita demokrasi kami. Klik ikon upvote di bagian atas halaman untuk membantu menaikkan peringkat artikel ini di indy100