Juli 14, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Mars Rover milik NASA mengamati setan debu selebar 200 kaki yang bergerak melintasi permukaan Planet Merah

Mars Rover milik NASA mengamati setan debu selebar 200 kaki yang bergerak melintasi permukaan Planet Merah

Serangkaian gambar baru dari Perseverance Mars Rover milik NASA tampak menunjukkan tornado debu menari-nari di permukaan planet merah, sekitar 2,5 mil jauhnya dari ahli geologi roda enam tersebut.

NASA menyebutkan, hanya bagian bawah badai yang terlihat bergerak di sepanjang tepi barat Kawah Jezero di Mars, pada 30 Agustus 2023.

Gambar tersebut diambil pada hari ke-899 penjelajah Perseverance di Mars.

PERSEVERANCE MARS ROVER NASA menangkap gambar sungai liar

Penjelajah Mars Perseverance milik NASA menangkap beberapa gambar setan debu yang bergerak melintasi permukaan Mars. (NASA)

Ke-21 gambar tersebut diambil dengan selang waktu empat detik oleh salah satu kamera navigasi penjelajah, dan digabungkan serta dipercepat sekitar 20 kali untuk menunjukkan pergerakan setan debu.

NASA mengatakan setan debu di Mars lebih lemah dan lebih kecil dibandingkan badai di Bumi, namun mereka adalah salah satu cara debu di planet ini diangkut dan didistribusikan kembali.

Para ilmuwan sering mempelajari fenomena ini untuk memahami atmosfer Mars sekaligus membantu menyempurnakan model cuaca yang ada.

Startup California Selatan, VAST, mengumumkan rencana untuk meluncurkan stasiun luar angkasa komersial pertama di dunia

Penjelajah Mars

Gambar yang disediakan oleh NASA ini menunjukkan ilustrasi penjelajah Perseverance milik NASA yang mendarat dengan selamat di permukaan Mars. (NASA/JPL-Caltech/Handout melalui Xinhua) (Xinhua/NASA/JPL-Caltech melalui Getty Images) (Gambar Getty)

Berdasarkan gambar-gambar tersebut, para ilmuwan misi percaya bahwa setan debu itu berada sekitar 2,5 mil jauhnya di Thorofare Ridge, bergerak dari timur ke barat dengan kecepatan sekitar 12 mph, kata NASA.

Lebarnya dihitung sekitar 200 kaki, dan meskipun bagian bawah tornado setinggi 387 kaki berhasil ditangkap, para ilmuwan memperkirakan tingginya lebih dari satu mil.

READ  Seorang astronom dari Kota New York memasang teleskop di Persimpangan untuk melihat Saturnus

“Kami tidak melihat puncak dari setan debu, namun bayangan yang ditimbulkannya memberi kita indikasi yang baik mengenai ketinggiannya,” kata Mark Lemon, ilmuwan planet di Space Science Institute di Boulder, Colorado, dan anggota Perseverance. . Kata tim ilmiah. “Kebanyakan dari mereka adalah gumpalan vertikal. Jika setan debu dikonfigurasikan seperti ini, bayangannya akan menunjukkan bahwa tingginya sekitar 1,2 mil (2 kilometer).”

Helikopter inovatif NASA menangkap bidikan matahari terbenam yang menakjubkan di Mars

Penjelajah Mars Perseverance NASA mengambil foto selfie

Penjelajah Mars Perseverance milik NASA mengambil foto selfie dengan beberapa dari 10 tabung sampel yang disimpannya di tempat penyimpanan sampel yang dibuatnya di dalam wilayah Kawah Jezero yang dijuluki “Tiga Garpu”. Gambar tersebut diambil oleh kamera WATSON (Sensor Topografi Sudut Lebar untuk Operasi dan Teknik Elektronika) yang terletak di ujung lengan robot penjelajah pada tanggal 22 Januari 2023, sol ke-684, atau hari Mars, dari misi tersebut. (NASA/JPL-Caltech/MSSS)

Di Bumi, setan debu terbentuk ketika udara hangat yang naik bercampur dengan kolom udara dingin yang turun.

NASA juga mengatakan bahwa setan debu versi Mars bisa tumbuh menjadi jauh lebih besar daripada setan debu yang ditemukan di Bumi.

Para ilmuwan masih berupaya untuk lebih memahami kapan setan debu akan muncul di lokasi tertentu.

KLIK DI SINI UNTUK MENDAPATKAN APLIKASI FOX NEWS

Penjelajah tersebut telah menjelajahi Kawah Jezero sejak mendarat di sana lebih dari dua tahun lalu, dengan harapan dapat mencari tanda-tanda kehidupan mikroba purba.