April 23, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Kehidupan mikroba bersembunyi di kutub selatan bulan

Kehidupan mikroba bersembunyi di kutub selatan bulan

Kawah Shackleton terletak di kutub selatan bulan, tempat tinggal mikroba yang berasal dari Bumi. Visualisasi ini diberi kode warna dan ditandai untuk menunjukkan kedalaman kawah.
NASA/Ernie Wright

  • Seorang ilmuwan planet NASA mengatakan kondisi di kutub selatan bulan mungkin sudah matang untuk kehidupan mikroba.
  • Para peneliti telah menemukan bahwa beberapa mikroba di Bumi dapat bertahan dalam kondisi ekstrim.
  • Mikroba ini mungkin telah menangkap pendarat bulan dan sekarang hidup di bulan.

Dibandingkan dengan Bumi, Bulan adalah tempat yang sunyi. Bebas dari aliran air, awan samar, dan tanda-tanda kehidupan. Kecuali, seorang ilmuwan NASA percaya ada lebih banyak hal di Bulan daripada yang terlihat.

Prabal SaxenaKehidupan mikroba dapat eksis di lingkungan ekstrem seperti di bulan, kata seorang ilmuwan planet di NASA’s Goddard Space Flight Center.

“Mungkin ada habitat yang cocok untuk kehidupan seperti itu di daerah yang relatif terlindung di suatu tempat yang tidak memiliki udara,” kata Prabal Saxena. Space.com melaporkan.

Kemungkinan mikroba bulan ini, jika ada, berasal dari Bumi dan menunggangi pendarat bulan.

Studi Saxena Di mana kehidupan alien mungkin ada di luar tata surya kita, tetapi dia baru-baru ini bekerja dengan tim yang memiliki pandangan lebih dekat ke rumah – kutub selatan bulan.

Kutub selatan bulan mengandung kawah es dan potensi kehidupan mikroba

Kutub selatan bulan mendapat banyak perhatian dalam beberapa tahun terakhir karena di situlah NASA berharap bisa mendarat Astronot Artemis III pada tahun 2025. Agensi diidentifikasi 13 kemungkinan lokasi pendaratan:

Menampilkan 13 wilayah yang diidentifikasi oleh NASA sebagai target potensial untuk pendaratan manusia berikutnya di bulan.
NASA

Tidak ada manusia yang pernah menginjakkan kaki di kutub selatan bulan. Tapi kita tahu dari Moon Mineralology Mapper milik NASA Berisi salju Di dalam kawah, yang dapat dibor astronot untuk bahan bakar roket.

READ  "Ransel bulan" NASA dapat mencegah astronot tersesat di bulan

Beberapa area kawah ini hidup dalam kegelapan abadi, selalu dalam bayangan. Akibatnya, sinar matahari yang berbahaya tidak pernah mencapai kantung-kantung bulan ini, dan mungkin menjadi tempat berlindung yang aman. mikroba yang parah.

“Yang penting, penelitian baru-baru ini tentang kelangsungan hidup mikroba yang terpapar pada kondisi seperti yang ditemukan di bagian permukaan bulan menunjukkan ketahanan yang mengejutkan dari banyak mikroorganisme terhadap kondisi seperti itu,” kata Saxena dalam karya baru-baru ini, menurut Leonard David di Inside Outer Space.

Peta “perangkap dingin” di dalam bayangan kawah bulan di kutub selatan Bulan (kiri) dan kutub utara (kanan). Titik-titik biru menunjukkan lokasi di mana es air mungkin ada di atau dekat permukaan.
NASA

Sebagai contoh, peneliti menemukan bahwa bakteri bernama Deinococcus radiodurans bertahan di luar Stasiun Luar Angkasa Internasional selama setahun. Tardigrades juga bertahan di luar Stasiun Luar Angkasa Internasional, terkena kondisi luar angkasa yang keras.

“Kami saat ini bekerja untuk memahami organisme spesifik mana yang paling cocok untuk bertahan hidup di area tersebut,” kata Saxena kepada Space.com.

Sekalipun saat ini mikroba tidak ada di bulan, mereka hampir pasti akan ada jika manusia mulai menjelajahi permukaannya. Dan jika Saxena dan timnya benar, mikroba ini tidak hanya dapat bertahan hidup, tetapi juga berpotensi berkembang biak, di kawah bertatahkan permanen ini, menurut Space.com.