April 25, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Asteroid yang membunuh dinosaurus menyebabkan “gempa besar” yang berlangsung selama berbulan-bulan

Asteroid yang membunuh dinosaurus menyebabkan "gempa besar" yang berlangsung selama berbulan-bulan

Benar saja, Bumi prasejarah itu berbatu.

Penelitian baru menemukannya Asteroid yang membunuh dinosaurusyang melanda Semenanjung Yucatan Meksiko 66 juta tahun yang lalu, juga menyebabkan “gempa bumi besar” yang mengguncang planet ini berminggu-minggu hingga berbulan-bulan setelah tumbukan, EurekAlert melaporkan.

Setelah tumbukan batu antariksa sepanjang 10 kilometer, terjadi aktivitas seismik yang diperkirakan 50.000 kali lebih kuat dari gempa dahsyat 9,1 yang melanda Sumatera, Indonesia, pada tahun 2004.

Ahli geologi Herman Dario Bermudez – yang telah menghabiskan tahun lalu di Texas, Alabama dan Mississippi mempelajari formasi batuan terkenal yang masih menunjukkan patahan dan retakan yang kemungkinan berasal dari peristiwa kepunahan – berpendapat bahwa kumpulan data baru ini melengkapi temuannya dari Belahan Bumi Selatan pada tahun 2014.

Ada bukti baru yang menunjukkan aktivitas seismik jangka panjang dari asteroid yang memusnahkan dinosaurus.
Getty Images / istockphoto

Sementara di Pulau Gorgonilla Kolombia, Bermúdez menemukan endapan bulat — juga dikenal sebagai lapisan batu dengan butiran kaca kecil — di antara lebih banyak bukti gempa besar. Butiran ini adalah hasil dari panas dan tekanan dari asteroid yang meleleh ke Bumi setelah tumbukan, mengeluarkan gumpalan cair ke atmosfer, yang mendarat kembali di planet sebagai kaca karena gravitasi.

Dia juga menemukan fragmen yang disebut “tektites” dan “microtikites”, yang diluncurkan ke Bumi dari asteroid.

Batuan Kolumbia yang stabil diperkirakan “bercerita dari dasar laut”, khususnya kedalaman sekitar 2 kilometer. Bermudez menemukan bahwa lapisan lempung dan batu pasir berusia jutaan tahun masih terawetkan di singkapan saat ini karena getaran tumbukan.

Penelitian baru telah menemukan bahwa gempa bumi yang hebat mengguncang planet ini selama berminggu-minggu setelah dampak asteroid.
Penelitian baru telah menemukan bahwa gempa bumi yang hebat mengguncang planet ini selama berminggu-minggu setelah dampak asteroid.
Getty Images / istockphoto

“Ini salah satu yang paling terpelihara dan terletak jauh di dalam laut, sehingga tidak terpengaruh oleh gelombang pasang,” katanya.

Tepat di atas endapan itu, spora pakis yang menunjukkan pemulihan pertama kehidupan tanaman setelah tumbukan asteroid juga dipertahankan.

READ  Penerbangan astronot pribadi SpaceX Ax-1 telah diizinkan untuk meluncurkan uji coba roket bulan Artemis 1 NASA yang tertunda
Penelitian baru menunjukkan bahwa asteroid prasejarah yang memusnahkan dinosaurus juga menyebabkan gempa bumi selama berbulan-bulan.
Penelitian baru menunjukkan bahwa asteroid prasejarah yang memusnahkan dinosaurus juga menyebabkan gempa bumi selama berbulan-bulan.
Getty Images / istockphoto

Bermúdez juga telah mendokumentasikan bukti tsunami skala besar yang diakibatkan oleh dampak tersebut.

Baru-baru ini dilaporkan Air banjir telah naik di dekat luar angkasa Seluruh planet praktis dibanjiri saat memutar ulang efek “mil di ketinggian”.