Mei 28, 2022

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Apakah gambar NASA ini menunjukkan ‘gerbang’ dan ‘dinding’ di Mars?

mars rover portal near wall

Gambar yang diambil oleh NASA’s Mars Curiosity Rover pada 7 Mei 2022 menunjukkan “portal dan dinding di dekatnya yang tampak buatan.”

konteks

Sementara gambar yang dimaksud adalah gambar asli yang diambil oleh kamera di atas pesawat ruang angkasa Curiosity NASA pada 7 Mei 2022, Laboratorium Propulsi Jet badan tersebut mengatakan kepada Snopes bahwa apa yang oleh beberapa pengguna media sosial telah ditafsirkan sebagai “gerbang dan dinding”, sebenarnya adalah gambar berbatu. celah di planet merah.

pengecekan kenyataan

Postingan populer Mei 2022 di Reddit mengklaim bahwa Mars NASA adalah Keingintahuan berkeliaran Ambil gambar dari apa yang disebut “gerbang” dan “dinding yang tampaknya buatan” di Planet Merah yang sama mencurigakannya dengan kedengarannya.

Itu karena ketika sesuatu sedang difilmkan dalam versi hitam putih kasar dari memotret Gambar yang diambil oleh kamera rover dapat ditafsirkan menyerupai bentuk pintu, seperti yang dikatakan Jet Propulsion Laboratory (JPL) badan tersebut kepada Snopes bahwa itu sebenarnya “tembakan yang sangat, sangat diperbesar dari retakan kecil di batu.”

“Ilmuwan tim menekankan betapa kecilnya itu [the crevice] IS: Lebar sekitar 30 cm kali 45 cm (11 kali 17 inci), kata juru bicara JPL melalui email. “Mereka mengatakan ada fraktur linier sepanjang ini menabrak, dan di sinilah banyak patahan linier terjadi. “

Gambar diambil oleh kamera tiang (warna kuning muda) di atas penjelajah Curiosity, sebuah sistem yang menggunakan panjang fokus tetap, instrumentasi pencitraan multispektral untuk mengambil gambar “warna asli” dari planet merah dan sekitarnya. Gambar “The Door” diambil pada 7 Mei 2022, yang juga merupakan Sol 3466 – Hari Matahari 3466 di Mars, atau hari Mars.

Tim hubungan media NASA juga merujuk kami ke file digital yang tersedia untuk umum mosaik Gambar dari rover juga. Potongan itu dibuat oleh Neville Thompson, yang tidak berafiliasi dengan NASA, yang menunjukkan isi gambar tersebut di dalam interior Mars yang lebih luas.

Neville Thompson

“Pintu” kecil (celah) dapat dilihat hampir mati di tengah, sedikit lebih tinggi, dan sedikit ke kiri.

“Lihat? Anda dapat memperbesar dengan +/- di sisi kanan layar. Ini sangat kecil dan terlihat seperti celah di batu,” tulis pembicara.

Meskipun kami tidak dapat memastikan apakah orang Mars benar-benar menggunakan pintu kecil, NASA yakin bahwa “pintu” dalam kasus ini hanyalah celah kecil berbatu. Jadi, sementara Reddit menunjukkan gambar asli yang diambil oleh penjelajah Mars Curiosity NASA, gambar itu tidak menunjukkan gerbang atau dinding buatan. Dengan demikian, kami telah mengkategorikan klaim ini sebagai ‘salah’.

Ingin lebih banyak memeriksa fakta tentang gosip Mars yang aneh dan lucu? Lihat ini:


sumber

Bell III, James F, dkk. “Instrumen MasCam untuk Laboratorium Sains Mars: Preflight, Kalibrasi, Verifikasi, dan Pengarsipan Data Dalam Penerbangan.” Ilmu Bumi dan Antariksa, Vol. 4, tidak. 7, 2017, hal. 396452. pubs.er.usgs.gov, https://doi.org/10.1002/2016EA000219.

“Apakah gambar ini menunjukkan kawah yang dibor di Mars?” Snopes.Com, https://www.snopes.com/fact-check/photo-hole-drilled-on-mars/. Diakses pada 11 Mei 2022.

Nada Ali Ahmed 90210. “Baru: 05-2022 Sebuah formasi di Mars yang terlihat seperti portal dan dinding di dekatnya terlihat seperti buatan. Kredit gambar: NASA/JPL-Caltech. Mars rover. “R/Interestingasfuck, 11 Mei 2022, www.reddit .com/r/interestingasfuck/comments/umyqdy/new_20220507_a_formation_on_mars_which_appears_to/.

mars.nasa.gov. “Sol 3466: Kamera Tiang (Mastcam).” Eksplorasi Mars NASA, https://mars.nasa.gov/raw_images/1064629. Diakses pada 11 Mei 2022.

MSL 3466 MR. http://www.gigapan.com/gigapans/229311/. Diakses pada 11 Mei 2022.

READ  Ketekunan Rover NASA Mengamati Gerhana Bulan "Kentang" di Mars