THR Bagi ASN, TNI dan Polri Cair Serentak Mulai Hari Ini | Berita dan Review Bekasi Terkini - reviewbekasi.com
Nasional

THR Bagi ASN, TNI dan Polri Cair Serentak Mulai Hari Ini

REVIEW, Jakarta—Pemerintah  mencairkan tunjangan hari raya (THR) untuk Aparatur Sipil Negara, (ASN), TNI dan Polri secara serentak mulai hari ini, Jumat (24/5/2019).

Tahun ini, alokasi THR untuk ASN, TNI dan Polri mencapai Rp20 triliun. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan dari jumlah tersebut, sebanyak Rp11,4 triliun merupakan pembayaran THR untuk pegawai negeri sipil (PNS), prajurit TNI, dan Polri. Sisanya, yakni sekitar Rp7,6 triliun merupakan pembayaran THR penerima pensiun atau tunjangan.

“Pencairan sudah dilakukan secara serentak pada hari ini,” kata Sri Mulyani di Kantor Kemenkeu, Jumat (24/5/2019).

Skema pencairan THR ini, menurut Sri Mulyani, dilakukan dengan dua landasan hukum. Pertama, Peraturan Pemerintah (PP) No. 36/2019 untuk pemberian THR untuk PNS, TNI/Polri, penerima pensiun, pejabat negara dan penerima tunjangan. Kedua, PP No. 38/2019 untuk alokasi THR bagi pemimpin dan pegawai non-PNS pada lembaga nonstruktural.

Kedua aturan tersebut kemudian diterjemahkan kedalam dua aturan teknis terkait tata cara pencairan THR.  Kedua aturan turunan tersebut adalah Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No. 58/2109 untuk PNS, TNI/Polri, pejabat negara dan penerima pension dan PMK No. 59/2019 untuk pemimpin dan pegawai no-PNS pada lembaga nonstruktural.

Sri Mulayni mengatakan pencairan THR masih bisa dilakukan hingga 31 Mei mendatang. Sehingga, tidak ada istilah THR hangus karena telat dalam pengurusan pencairan di kantor pelayanan perbendaharaan negara (KPPN).

Sebab, beberapa pemerintah daerah belum membayarkan THR kepada pegawainya. Hingga hari ini, baru 232 pemerintah daerah yang sudah membayarkan THR kepada pegawainya dengan rincian terdiri dari 13 provinsi, 182 kabupaten, 37 kota, dan 71 pemda dalam proses pembayaran.

“Untuk yang belum, dapat diajukan sebelum tanggal 31 Mei dan SPM juga bisa diajukan setelah hari raya, jadi tidak akan hangus,” ujar Sri Mulyani.




Klik Untuk Berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terpopuler

To Top