Es Cendol Diklaim Berasal dari Singapura, Kenapa Warga Malaysia Berang? | Berita dan Review Bekasi Terkini - reviewbekasi.com
Viral & Mengharukan

Es Cendol Diklaim Berasal dari Singapura, Kenapa Warga Malaysia Berang?

foto: masfikr

REVIEW, Bekasi—Netizen Malaysia berang setelah es cendol di klaim sebagai pencuci mulut yang berasal dari Singapura. Padahal, seperti kita ketahui, es cendol pun menjadi minuman tradisional yang berasal dari Indonesia.

Kehebohan ini bermula dari artikel CNN yang merilis daftar 50 pencuci mulut terbaik sedunia. Es cendol menempati salah satu daftar dalam hidangan tersebut. Uniknya, dalam keterangan singkatnya, CNN menulis bahwa es cendol, yang dibumbui santan, tepung beras dengan gula aren tersebut merupakan minuman khas Singapura yang menyegarkan dan menggiurkan.

Hal itulah yang  kemudian membuat foodies asal Malaysia berang. Mereka mempertanyakan apakah CNN tidak melakukan riset dan menyebut es cendol sebagai minuman Singapura.

Seperti dilansir Malaymail, artikel tersebut telah menciptakan kehebohan bagi pengguna media sosial Malaysia yang percaya bahwa artikel tersebut tidak valid karena es cendol banyak terdapat di Malaysia.

“CNN global top 50 desserts > SG’s cendol wtf???,” tulis salah satu netizen asal Malaysia di laman media sosial.

Beberapa foodies Malaysia juga menyebut bahwa es cendol bukan berasal dari Singapura. Mereka mempertanyakan hal itu.

“Cendol is not from singapore,” tulis akun @HeikalAminnudin dalam twitternya.

Lalu apakah benar es cendol berasal dari Singapura dan di klaim Malaysia sebagai minuman warisan leluhurnya? di Indonesia, es cendol juga menjadi salah satu minuman khas. Di beberapa wilayah terutama Jawa, es cendol sering pula disebut es dawet. Bahkan Es Dawet Ayu menjadi minuman khas Banjarnegara.

Bahkan di seluruh wilayah, terutama Jawa, es cendol tersebar dan sudah tak lagi menjadi komoditas yang mahal. Di pinggir jalan, penjual es cendol banyak tersebar.

Menurut situs foodadvisor  Malaysia, dijelaskan bahwa es cendol merupakan minuman yang berasal dari Indonesia dan berkembang pesat di Asia Tenggara. Di Malaysia, es cendol banyak tersebar di Malaka, Penang, Petaling Jaya dan beberapa wilayah Malaysia, bahkan menjadi minuman warisan leluhur mereka.

Jadi sebenarnya, es cendol itu berasal dari mana?




Klik Untuk Berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terpopuler

To Top