Bus Sekolah Untuk Pelajar di Kota Bekasi Resmi Diluncurkan | Berita dan Review Bekasi Terkini - reviewbekasi.com
Bekasi 24 Jam

Bus Sekolah Untuk Pelajar di Kota Bekasi Resmi Diluncurkan

foto : instagram/ @rahmateffendicentre

REVIEW, Bekasi – Bus sekolah untuk pelajar resmi diluncurkan Pemerintah Kota Bekasi pada Kamis (10/1/2019). Peresmian ditandai dengan Wali Kota Bekasi menyopiri sendiri bus sekolah tersebut.

Wali Kota Bekasi, Rahmay Efdendi menyopiri bus sekolah tersebut dari SMPN 1, SMPN 3, hingga SMPN 18 Kota Bekasi. Namun bus sekolah yang telah diresmikan belum beroperasi karena Pemerintah Kota Bekasi masih harus membentuk UPT (Unit Pelaksana Teknis) operasional sekolah yang nanti mengoperasikan bus tersebut.

Namun, Rahmat Effendi menjelaskan bus sekolah akan beroperasi dalam waktu dekat. Ia juga mengatakan adanya bus sekolah untuk para pelajar dinilai merupakan jawaban terkait larangan pelajar membawa kendaraan ke sekolah

“Jaman Bapak dulu, sekolah itu masih jalan kaki. Saat ini alhamdulillah, pada hari ini Pemerintah Kota Bekasi luncurkan bus sekolah. Ini merupakan jawaban terkait larangan pelajar membawa kendaraan ke sekolah,” kata Rahmat sambil menyetir bus sekolah, Kamis (10/1/2019).

Meski baru ada 1 unit bus sekolah, kedepannya aka nada tambahan 20 unit bus yang akan dihibahkan Kementrian Perhubungan.

“Bus satu (unit dulu). Kami akan lihat nanti setelah trayek disusun Dishub (Dinas Perhubungan) dan kami bentuk UPT. Insya Allah tahun depan tambah lagi,” kata Rahmat.

Sebelumnya, bus sekolah yang berjenis 3/4 dengan kapasitas tampung sebanyak 21 orang ini sudah dipastikan dioperasikan pada tahun ini dan saat ini terparkir di Stadion Patriot Chandrabaga.

Untuk itu perlu adanya pematangan rute yang nantinya akan ditempuh.”Bisa saja bus ini hanya melayani wilayah Bekasi Selatan dan Timur,” ungkapnya.

Lebih lanjut,  Kepala Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Yayan Yuliana menambahkan, akan menggratiskan bus sekolah tersebut untuk pelajar karena dana operasionalnya direncanakan akan menggunakan subsidi pemerintah daerah

“Akan digratiskan dengan subsidi dari pemerintah daerah,” katanya.

Namun untuk saat ini Yayan masih belum memastikan kapan bus sekolah tersebut akan beroperasi. Dan renacananya pemerintah daerah akan mengajukan kembali bantuan bus sekolah lainya.

“Saat ini kami masih fokus pada upaya penambahan operasional bus umum Transpatriot sebanyak 20 unit. Setelah ini selesai, baru kami bahas tentang bus sekolah,” ujarnya.

Diketahui, Pemkot Bekasi mendapatkan hibah 21 bus dari Kementerian Perhubungan, 20 di antaranya untuk Trans Patriot dan satu lainnya bus sekolah.




Klik Untuk Berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terpopuler

To Top