130.000 Blanko Kartu Identitas Anak di Kota Bekasi Akan Segera Dicetak | Berita dan Review Bekasi Terkini - reviewbekasi.com
Bekasi 24 Jam

130.000 Blanko Kartu Identitas Anak di Kota Bekasi Akan Segera Dicetak

foto : review bekasi

REVIEW, Bekasi – Sebanyak 130 ribu blanko untuk Pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) Kota Bekasi akan segera dicetak.  Hal tersebut disampaikan Sekretaris Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bekasi, Jamus Rasidi.

Sebanyak 130 ribu blanko akan segera dicetak dan saat ini telah memasuki tahap pelelangan yang  akan tuntas pada Februari 2019.

Jamus menjelaskan penyediaan 130 ribu blanko tersebut termasuk untuk mengganti blanko yang telah dipinjam sebelumnya.

“Pencetakan 130 ribu untuk KIA. Kami sudah alokasikan dan telah masuk di Unit Layanan Pengadaan (ULP). Ini saya kejar terus dan sebentar lagi siap,” ujar Jamus, seperti dilansir dari Megapolitan Kompas, Rabu (6/2/2019).

Banyaknya pemohon kartu identitas anak (KIA) di Kota Bekasi membuat Pemerintah Kota Bekasi kehabisan blanko dan meminjam 30.000 blangko dari Kabupaten Bekasi, Kota Depok, dan Kabupaten Bogor.

Hal tersebut dikarenakan para orang tua khawatir dan ingin buru-buru memiliki KIA yang menjadi syarat pendaftran masuk sekolah nantinya.

Namun, Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi menegaskan bahwa KIA akan diberlakukan pada 2020 mendatang bukan tahun 2019.

“Sekarang saya tegaskan KIA belum digunakan sebagai syarat untuk daftar sekolah tahun ini tapi digunakan tahun besok (2020),” ujar Rahmat

Sebelumnya, Pemerintah Kota Bekasi telah meniapkan 10 ribu keping hal tersebut disampaikan oleh Pelaksana Tugas Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bekasi, Jamus Rasidi

Pencetakan KIA dibuka di setiap kantor layanan di masing-masing kecamatan di Kota Bekasi. Jamus mengatakan, identitas kependudukan itu dibagi menjadi dua jenis, yakni untuk anak bawah lima tahun atau balita dan anak usia enam sampai dengan 16 tahun.

Lebih lanjut, untuk membuat KIA diperlukan beberapa persyaratan diantaranya :

  • foto kopi kartu keluarga (KK)
  • akta kelahiran anak
  • E-KTP suami istri
  • akta nikah
  • foto anak dari ponsel.




Klik Untuk Berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terpopuler

To Top